Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK Siswa SMP Negeri 2 Sleman

Safar HS, Hifzi (2022) Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK Siswa SMP Negeri 2 Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_hifzi safar hs_18601241030.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa, hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa, dan hubungan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa di SMP Negeri 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode expost facto. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik SMP Negeri 2 Depok kelas IX sebanyak 192 peserta didik. Sampel penelitian sebanyak 130 peserta didik yang ditentukan melalui rumus Slovin serta pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data pola asuh orang tua dan motivasi belajar dilakukan dengan angket sedangkan prestasi belajar menggunakan nilai e-raport. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi berganda, serta teknik analisis data dilakukan menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,852. Hubungan yang sedang antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,514. Hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PJOK siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,868 yang artinya semakin baik intensitas dan kualitas pola asuh maka prestasi juga semakin baik. Selain itu, pola asuh yang dominan diterapkan oleh orang tua peserta didik ialah pola asuh demokratis.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ermawan Susanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pola asuh, motivasi, prestasi belajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jul 2022 02:21
Last Modified: 28 Jul 2022 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73718

Actions (login required)

View Item View Item