Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Video Digital Pada Materi Permainan Sepak Bola Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik SMA Kelas XII

Nevitaningrum, Nevitaningrum (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Video Digital Pada Materi Permainan Sepak Bola Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik SMA Kelas XII. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nevitaningrum_20633251006.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengonstruksi model pembelajaran problem based learning sepak bola berbasis video digital dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik SMA Kelas XII, dan menguji efektivitas model pembelajaran problem based learning berbasis video digital pada materi permainan sepak bola untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik SMA kelas XII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pendekatan Borg and Gall melalui 6 tahapan yang langkah-langkahnya meliputi studi pendahuluan, perencanaan pengembangan, pengembangan produk awal, uji kelayakan ( uji coba skala kecil, revisi), Uji kelayakan ( uji coba skala besar, revisi), uji efektivitas. Uji validasi pada penelitian ini dilaksanakan melalui tiga ahli, yaitu ahli instrumen, ahli media, dan ahli materi. Uji coba skala kecil (68 responden) dan skala besar (102 responden). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran pola pertahanan, pola penyerangan dan formasi dalam permainan sepak bola menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis video digital yang berupa materi, video animasi dan latihan soal masing-masing memenuhi kategori sangat baik. Data kevalidan diperoleh dari validasi ahli. Kelayakan model pembelajaran diperoleh dari respon peserta didik yang memenuhi kriteria sangat layak. Data efektivitas diperoleh dari ketercapaian hasil belajar peserta didik secara konvesional serta pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbasis video digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA kelas XII menggunakan perangkat yang dikembangkan. Ketercapaian hasil belajar peserta didik sebelum menerapkan model problem based learning berbasis video digital dengan ratarata ketiga sekolah SMA N 1 Seyegan, SMA N 1 Mlati, SMA N 1 Depok yakni 66,66 dengan kategori kurang baik. Setelah diterapkan model problem based learning berbasis video digital diperoleh hasil belajar dengan rata-rata ketiga sekolah SMA N 1 Seyegan, SMA N 1 Mlati, SMA N 1 Depok yakni 76,41 dengan kategori baik. Dengan demikian, perangkat dikatakan efektif ditinjau dari pencapaian hasil belajar peserta didik SMA kelas XII terhadap pembelajaran penjasorkes pada materi permainan sepak bola menggunakan model problem based learning berbasis video digital.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Komarudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran problem based learning berbasis video digital, sepak bola, kemampuan berfikir kritis
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:25
Last Modified: 27 Jul 2022 04:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73714

Actions (login required)

View Item View Item