Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Olahraga: Studi Kasus Pengelolaan Stadion Bhumi Phala Temanggung pada Masa Pandemi Covid-19

Kischoirunnisa, Septina (2022) Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Olahraga: Studi Kasus Pengelolaan Stadion Bhumi Phala Temanggung pada Masa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_septina kischoirunnisa_18603144016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Stadion Bhumi Phala Temanggung merupakan salah satu fasilitas olahraga yang dimiliki dan dikelola Pemerintah Kabupaten Temanggung melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Temanggung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengertian, pentingnya, dan bagaimana implementasi fungsi-fungsi manajemen olahraga dalam pengelolaan stadion Bhumi Phala Temanggung pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif dengan metode studi kasus. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga serta Kepala Seksi Sarana Prasarana Kepemudaan dan Olahraga yang berwenang mengelola Stadion Bhumi Phala Temanggung. Instrumen yang digunakan adalah dengan panduan observasi, panduan wawancara, dan studi dokumentasi. Dalam analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah fungsi-fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan sudah dilaksanakan dengan baik pada masa pandemi covid-19. Pandemi covid-19 sangat berpengaruh terhadap fungsi manajemen perencanaan karena adanya refocusing anggaran yang cukup besar, sehingga berpengaruh terhadap fungsi manajemen lainnya. Sumber manajemen seperti sumber daya manusia, anggaran atau pendanaan, dan metode merupakan modal utama manajemen yang dibutuhkan pengelola Stadion Bhumi Phala Temanggung.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: manajemen olahraga, fungsi manajemen, Stadion Bhumi Phala
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:48
Last Modified: 26 Jul 2022 04:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73702

Actions (login required)

View Item View Item