Pengaruh Kombinasi Massage Eflurase dan Propioceptive Neuromuscular Facilitation Terhadap Presepsi Kelelahan dan Tingkat Fleksibilitas Otot Pinggang Pada Atlet Rugby DIY

Fikri, Muhammad Danial Al (2022) Pengaruh Kombinasi Massage Eflurase dan Propioceptive Neuromuscular Facilitation Terhadap Presepsi Kelelahan dan Tingkat Fleksibilitas Otot Pinggang Pada Atlet Rugby DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad danial al fikri_16603141003.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Massage merupakan teknik manipulasi jaringan lunak melalui tekanan dan gosokan. Massage Effleurage adalah bentuk masase dengan menggunakan telapak tangan yang memberi tekanan lembut ke atas permukaan tubuh dengan arah sirkular secara berulang, sedangkan PNF adalah teknik peregangan yang dimanfaatkan untuk meningkatkan elastisitas otot dan telah terbukti memiliki efek positif pada kisaran aktif dan dari gerakan pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kombinasi massage eflurase dan propioceptive neuromuscular facilitation terhadap tingkat fleksibilitas otot pinggang pada atlet rugby DIY. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experimental dengan menggunakan one group pre test and post test design. Sampel penelitian ini yaitu pemain rugby DIY sebanyak 20 orang yang diambil secara purposive sampling. Dalam penelitian ini pengukuran fleksibilitas dilakukan setelah melakukan aktifitas fisik, dan setelah diberikan intervensi masase dan PNF. Pengukuran Pengukuran menggunakan Borg’s RPE (Rating of Perceived) untuk mengetahui presepsi kelelahan, dan fleksibilitas pinggang menggunakan Tes Sit and Reach (SR). Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test akan menghasilkan nilai Z hitung dan nilai Asymp. Sig yang dapat digunakan untuk membuktikan hipotesis ada atau tidak adanya perbedaan antara pretest dan postest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: perlakuan kombinasi masase eflurase dan propioceptive neuromuscular facilitation dikatakan bermanfaat terhadap peningkatan fleksibilitas otot pinggang pada atlet rugby DIY. Manfaat massage efflurage dan PNF Streching, terbukti diperoleh nilai hitung Z sebesar (-3,92) dan nilai Asymp. Sig (0,000) < (0,05) yang dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan dari sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ali Satia Graha, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: massage efflurage, propeoceptif neuromuscular facilitation, fleksibilitas
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:48
Last Modified: 26 Jul 2022 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73693

Actions (login required)

View Item View Item