Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sekolah Berbasis Masalah Terbuka Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa

Dr. Ibrahim, M.Pd. (2011) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Sekolah Berbasis Masalah Terbuka Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-12.pdf

Download (170kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Hasil pembelajaran matematika antara lain berupa kemampuan berpikir kritis dan kreatif, dan tentunya diharapkan mencapai hasil yang memuaskan. Hal ini, karena dengan berpikir kritis dan kreatif memungkinkan siswa untuk mempelajari masalah secara sistematis, menghadapi berjuta tantangan dengan cara terorganisasi, merumuskan pertanyaan inovatif, dan merancang penyelesaian yang dipandang relatif baru. Ironisnya, pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang sangat memungkinkan untuk dikembangkan melalui pembelajaran matematika, akan tetapi pada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih menekankan pada hafalan dan mencari jawaban dari soal-soal yang sifatnya rutin atau prosedural. Untuk terciptanya situasi, kondisi, dan aktivitas pembelajaran matematika sedemikian hingga tercapainya kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam matematika sesuai dengan harapan, salah satu upayanya adalah mengembangkan bahan ajar yang dapat memfasilitasinya. Dalam tulisan ini akan dikaji mengenai pengembangan bahan ajar matematika sekolah berbasis masalah terbuka untuk memfasilitasi pencapaian kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam matematika. Kata kunci: bahan ajar matematika sekolah, masalah terbuka, kemampuan berpikir kritis matematis, dan kemampuan berpikir kreatif matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bahan ajar matematika sekolah, masalah terbuka, kemampuan berpikir kritis matematis, dan kemampuan berpikir kreatif matematis
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Nov 2012 00:36
Last Modified: 12 Nov 2012 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7367

Actions (login required)

View Item View Item