Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas V di SD Negeri Sinduadi 2 Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2021/2022

Ramadhan, Ilham Taufik (2022) Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Penilaian Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas V di SD Negeri Sinduadi 2 Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2021/2022. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ilham taufik ramadhan_18604221043.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi distraktor soal pilihan ganda Penilaian Akhir Semester gasal kelas V mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SD Negeri Sinduadi 2 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh soal dan lembar jawab pilihan ganda Penilaian Akhir Semester gasal kelas V mata pelajaran PJOK SD Negeri Sinduadi 2. Penelitian ini menganalisis tentang tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi distraktor. Analisis kuantitatif soal pilihan ganda dilakukan dengan menggunakan Program Item and Test Analisis (ITEMAN) versi 3.00. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dari total 25 butir soal pilihan ganda ditinjau dari tingkat kesukaran menunjukkan 16% butir soal dalam kategori sulit, 40% butir soal dalam kategori cukup, dan 44% butir soal dalam kategori mudah. Ditinjau dari daya beda soal menunjukkan 16% butir soal dalam kategori jelek, 28% butir soal dalam kategori cukup, 52% butir soal dalam kategori baik, dan 4% butir soal dalam kategori baik sekali. Ditinjau dari fungsi distraktor menunjukkan 16% butir soal memiliki distraktor yang menyesatkan dan 84% butir soal tidak memiliki distraktor yang menyesatkan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: analisis butir, tingkat kesukaran, daya beda, distraktor
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:07
Last Modified: 25 Jul 2022 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73669

Actions (login required)

View Item View Item