Pengaruh Latihan Aerobik, Resistence dan Kombinasi terhadap Berat Badan, Indeks Massa Tubuh dan Persentase Massa Lemak Pada Perempuan Obesitas

Wahib, M. Auliya Akhsan Al (2022) Pengaruh Latihan Aerobik, Resistence dan Kombinasi terhadap Berat Badan, Indeks Massa Tubuh dan Persentase Massa Lemak Pada Perempuan Obesitas. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_m. auliya akhsan al wahib_20732251039.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh latihan aerobik, resistence dan latihan kombinasi/gabungan dari latihan aerobik dan resistence terhadap berat badan, indeks massa tubuh dan persentase massa lemak pada perempuan penderita obesitas. Metode penelitian yang di gunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian The Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek penelitian adalah 28 perempuan penderita obesitas dengan usia 20-24 tahun. Sampel di ambil secara random yang merupakan mahasiswi penderita obesitas yang ada di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Sampel dibagi menjadi 3 kelompok dengan masing-masing kelompok berjumlah 7 orang, yaitu kelompok perlakuan K1 (kelompok kontrol), kelompok K2 (latihan aerobik), kelompok K3 (latihan resistence) serta kelompok K4 (latihan kombinasi). Sempel di ukur berat badan (BB), indeks massa tubuh (IMT) dan persentase massa lemak (lemak %) dengan menggunakan alat ukur SECA Body Composition sebelum perlakuan (pretest) dan sesudah perlakuan (posttes). Teknik analisis menggunakan aplikasi SPSS 22 dengan pertama melakukan uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, selnjutnya uji homogenitas menggunakani Varians Levene dan untuk uji hipotesis menggunakan uji Two Way Anova yang dilanjutkan dengan uji Tukey’s honestly significant difference (HSD) post hoc tes. Hasil penelitian di dapatkan adanya penurunan berat badan (BB) secara signifikan pada kelompok aerobik, resistence dan kombinasi sendangkan tidak di dapatkan hasil penuruan yang signifikan pada parameter indeks massa tubuh (IMT) dan persentase massa lemak (Lemak %).

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: aerobik, resistence, kombinasi, obesitas
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Jul 2022 06:51
Last Modified: 18 Jul 2022 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73662

Actions (login required)

View Item View Item