Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional

Dr. Ibrahim, M.Pd. (2011) Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-11.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Pembelajaran berbasis-masalah dalam konteks pembelajaran matematika adalah suatu strategi pembelajaran matematika di dalam kelas dengan aktivitas memecahkan masalah matematis sedemikian hingga siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan matematis oleh dirinya sendiri. Dalam usaha pencapaian harapan-harapan mengenai hasil pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran berbasis- masalah, salah satunya adalah kemampuan berpikir krtis dan kreatif siswa dalam matematika, maka aspek kecerdasan emosional perlu diperhatikan. Hal ini, karena aspek kecerdasan emosional dipandang sebagai aspek yang dapat dijadikan dasar untuk mengikuti proses pembelajaran berbasis-masalah berjalan secara baik. Dengan memperhatikan aspek kecedersan emosional dalam pembelajaran berbasis-masalah itu maka kemampuan berpikir krtis dan kreatif siswa dalam matematika berpeluang besar untuk meningkat secara berarti. Kata kunci: pembelajaran berbasis-masalah, kecerdasan emosional, matematis, dan kemampuan berpikir kreatif matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis-masalah, kecerdasan emosional, matematis, dan kemampuan berpikir kreatif matematis
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Nov 2012 00:36
Last Modified: 12 Nov 2012 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7366

Actions (login required)

View Item View Item