Dr. Ibrahim, M.Pd. (2011) Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Menghadirkan Kecerdasan Emosional. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3
|
Text
p-11.pdf Download (179kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran berbasis-masalah dalam konteks pembelajaran matematika adalah suatu strategi pembelajaran matematika di dalam kelas dengan aktivitas memecahkan masalah matematis sedemikian hingga siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan matematis oleh dirinya sendiri. Dalam usaha pencapaian harapan-harapan mengenai hasil pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran berbasis- masalah, salah satunya adalah kemampuan berpikir krtis dan kreatif siswa dalam matematika, maka aspek kecerdasan emosional perlu diperhatikan. Hal ini, karena aspek kecerdasan emosional dipandang sebagai aspek yang dapat dijadikan dasar untuk mengikuti proses pembelajaran berbasis-masalah berjalan secara baik. Dengan memperhatikan aspek kecedersan emosional dalam pembelajaran berbasis-masalah itu maka kemampuan berpikir krtis dan kreatif siswa dalam matematika berpeluang besar untuk meningkat secara berarti. Kata kunci: pembelajaran berbasis-masalah, kecerdasan emosional, matematis, dan kemampuan berpikir kreatif matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis-masalah, kecerdasan emosional, matematis, dan kemampuan berpikir kreatif matematis |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 12 Nov 2012 00:36 |
Last Modified: | 12 Nov 2012 00:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7366 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |