PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASISSOFTWAREARTICULATE STORYLINE 3UNTUK MENINGKATKANMINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Supahar, Pujianto and Halimah, Afifah Nur (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASISSOFTWAREARTICULATE STORYLINE 3UNTUK MENINGKATKANMINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
fulltext_afifah nur halimah_17302244029.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis software articulate storyline 3 yangdigunakan dalam pembelajaran Usaha dan Energi; (2) meningkatkan minat belajar Usaha dan Energipeserta didik kelas X SMA dengan menggunakan media pembelajaran berbasis software articulate storyline 3; (3) meningkatkan kemandirian belajar Usaha dan Energipeserta didik kelas X SMA menggunakan media pembelajaran berbasis software articulate storyline 3. Penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Media pembelajaran yangdikembangkan diuji cobakan pada 22 peserta didik kelas X SMA N 1 Godean. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada dua jenis yaitu kualitatif dan kuantitatif, dimana untuk kualitatif diperoleh hasil validasi dari validator ahlidan praktisi. Angket respon peserta didik juga diperlukan untuk mengetahui kelayakan terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Data kuantitatif diperoleh dengan pemberian angket minat belajar untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik, angket kemandirian belajar untuk mengetahui peningkatan kemandirian peserta didik dan pengadaan pretest dan postest untuk mengetahui hasil belajar kognitif yang akan digunakan sebagai pendukung variabel minat dan kemandirian belajar pada materi Usaha dan Energi. Peningkatan minat belajar, kemandirian belajar dan hasil belajar kognitif dianalisis menggunakananalisisstandar gain (g). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1)media pembelajaran berbasis software articulate storyline 3telah dikembangkandanlayak digunakan pada pembelajaran Usaha dan Energi; (2) media pembelajaran berbasis software articulate storyline 3 mampu meningkatkan minat belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai Normalized gain sebesar 0.4dan termasuk dalam kategori sedang; (3) media pembelajaran berbasis software articulate storyline 3 mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik ditunjukkan dengan nilai Normalized gain sebesar 0.4dan termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: media pembelajaran, software articulate storyline 3, minat belajar, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 15 Jul 2022 02:04
Last Modified: 15 Jul 2022 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73625

Actions (login required)

View Item View Item