Asep Ikin, Sugandi (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Koneksi Matematis. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3
|
Text
p-6.pdf Download (239kB) | Preview |
Abstract
Artikel ini melaporkan hasil temuan suatu kuasi eksperimen dengan disain tes akhir kelompok kontrol untuk menelaah pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe Thik Talk Write dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis. Studi ini melibatkan 80 siswa dari tiga SMP level sedang di kota Cimahi. Instrumen penelitian terdiri dari dua set tes pemecahan masalah dan koneksi matematis. Penelitian menemukan bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Thik Talk Write memberikan pengaruh terbesar dibandingkan dengan pengaruh pembelajaran konvensional dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematik. Ditemukan pula tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan level kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah maupun koneksi matematis. Kata Kunci : pemecahan masalah matematis, koneksi matematis pembelajaran Kooperatif, Tipe TTW.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemecahan masalah matematis, koneksi matematis pembelajaran Kooperatif, Tipe TTW |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 12 Nov 2012 00:36 |
Last Modified: | 12 Nov 2012 00:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |