Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis

Asep Ikin, Sugandi (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-5.pdf

Download (260kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Artikel ini melaporkan hasil temuan suatu kuasi eksperimen dengan disain tes akhir kelompok kontrol untuk menelaah pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe Thik Talk Write dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi dan penalaran matematis. Studi ini melibatkan 80 siswa dari tiga SMP level sedang di kota Cimahi. Instrumen penelitian terdiri dari dua set tes komunikasi dan penalaran matematis. Penelitian menemukan bahwa pembelajaran Kooperatif tipe Thik Talk Write memberikan pengaruh terbesar dibandingkan dengan pengaruh pembelajaran konvensional dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi dan penalaran matematik. Ditemukan pula tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan level kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi maupun penalaran matematis. Kata Kunci : komunikasi matematis, penalaran matematis pembelajaran Kooperatif, Tipe TTW.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: komunikasi matematis, penalaran matematis pembelajaran Kooperatif, Tipe TTW
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 12 Nov 2012 00:36
Last Modified: 12 Nov 2012 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7361

Actions (login required)

View Item View Item