Interaksi Guru dan Buku Ajar dalam Pembelajaran Matematika Topik Kaidah Pencacahan dengan Menggunakan Buku Ajar di Kelas XI IPA SMA Kolese De Britto

Andrias Eka Fajar Darmawan, and M. Andy Rudhito, and H.J. Sriyanto, (2011) Interaksi Guru dan Buku Ajar dalam Pembelajaran Matematika Topik Kaidah Pencacahan dengan Menggunakan Buku Ajar di Kelas XI IPA SMA Kolese De Britto. Matematika dan Pedidikan Karakter dalam Pembelajaran. ISSN 978-979-16353-6-3

[img]
Preview
Text
p-4.pdf

Download (228kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi yang terjadi antara guru dan buku ajar dalam proses pembelajaran matematika topik Kaidah Pencacahan dengan menggunakan buku ajar ”Matematika Kon- tekstual untuk SMA/MA Kelas XI Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam” di Kelas XI IPA3 SMA Ko- lese De Britto Tahun Ajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi langsung dan observasi tidak langsung. Kegiatan analisis data dilakukan dalam tiga langkah, yaitu reduksi data, kategorisasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi guru dan buku ajar yang terjadi secara umum adalah sebagai berikut. (1)Guru melihat buku ajar sebelum meminta siswa mengerjakan soal yang ada di buku ajar, (2)Guru me- lihat buku ajar sebelum meminta siswa melihat materi yang ada di buku ajar, (3) Guru membacakan soal latihan yang ada di buku ajar, (4) Guru melihat buku ajar sebelum menuliskan materi di papan tulis, (5)Keperluan indivudual: (i)Guru melihat buku ajar sebelum memberikan materi, (ii)Guru melihat buku ajar ketika sela-sela waktu pada saat siswa mengerjakan soal latihan, (iii)Guru mengecek buku ajar untuk memastikan soal latihan, (iv)Guru melihat buku ajar untuk memastikan urutan materi pembelajaran. Kata-kata kunci: Kaidah Pencacahan, Buku Ajar, Pembelajaran Matematika, Interaksi Guru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kaidah Pencacahan, Buku Ajar, Pembelajaran Matematika, Interaksi Guru
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2011
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi Setyana
Date Deposited: 12 Nov 2012 00:36
Last Modified: 12 Nov 2012 00:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7360

Actions (login required)

View Item View Item