PROFIL KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA BANDUNG

DANIA, ROSA (2022) PROFIL KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KOTA BANDUNG. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_rosa dania_18703251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh profil kepemimpinan instruksional kepala sekolah dasar negeri di kota Bandung, (2) memperoleh pemahaman tentang kondisi yang dirasakan kepala sekolah mendukung kepemimpinan instruksional mereka, dan (3) memperoleh pemahaman tentang kondisi yang dirasakan kepala sekolah menghambat kepemimpinan instruksional mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (mixed methods) dengan design concurrent embed di mana pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif dikumpulkan secara bersamaan dan data kuantitatif didukung oleh data kualitatif. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive or judgmental sampling. Responden data kuantitatif sebanyak 223 orang guru dari 10 sekolah dasar negeri. Metode yang digunakan pada pengumpulan data kuantitatif adalah survey. Instrumen pengumpulan data kuantitatif adalah angket skala Likert dengan 5 alternatif jawaban. Angket ini telah diuji validitas dan reliabilitas menggunakan teknik expert judgment dan product moment dengan program SPSS ver. 25. Analisis data kuantitatif menggunakan perhitungan statistik deskriptif dengan program Microsoft Excel. Sedangkan sampel penelitian kualitatif adalah 10 orang kepala sekolah dasar negeri di kota Bandung. Metode yang digunakan pada pengumpulan data kualitatif adalah wawancara semi terstruktur. Instrumen pengumpulan data kualitatif adalah pedoman wawancara. Analisis data kualitatif menggunakan enam langkah analisis data kualitatif menurut Creswell (2012). Hasil penelitian (1) profil kepemimpinan instruksional kepala sekolah dasar negeri di kota Bandung menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan perilaku kepemimpinan instruksional kepala sekolah baik di sekolah dengan kategori prestasi siswa tinggi, sedang, dan rendah, perilaku kepemimpinan instruksional yang paling menonjol dilakukan adalah yang pertama dalam menentukan misi sekolah, kedua dalam mengelola program pengajaran dan yang ketiga dalam mengembangkan iklim sekolah yang positif; (2) kondisi yang dirasa kepala sekolah dasar negeri di kota Bandung mendukung kepemimpinan instruksional mereka adalah guru yang bersikap kooperatif dan suportif akan harapan kepala sekolah dalam meningkatkan prestasi akademik siswa; (3) kondisi yang dirasa kepala sekolah dasar negeri di kota Bandung menghambat kepemimpinan instruksional mereka adalah pandangan kepala sekolah dan guru bahwa input siswa berbeda setiap tahun sehingga mereka tidak menjadikan data akademik siswa sebagai acuan dalam penetapan tujuan akademik, keterbatasan waktu untuk melakukan praktik kepemimpinan instruksional karena tingginya beban pekerjaan administrasi kepala sekolah, kompetensi kepala sekolah yang terbatas dalam pembelajaran karena latar belakang dan pengalaman mengajar mereka hanya pada satu mata pelajaran tertentu, rendahnya motivasi guru senior dalam menanggapi kesempatan pelatihan ii yang diberikan oleh kepala sekolah serta keterbatasan anggaran pendidikan terutama dalam mengadakan workshop atau pelatihan guru.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:36
Last Modified: 18 Jul 2022 02:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73547

Actions (login required)

View Item View Item