Khosiyah, Zulfa Imroatul (2022) KONTRIBUSI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH DAN SELF-EFFICACY GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_zulfa imroatul khosiyah_19703251047.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis seberapa besar kontribusi: (1) Supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19. (2) iklim sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19. (3) Self-efficacy guru terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19. (4) Supervisi akademik kepala sekolah, iklim sekolah dan self-efficacy guru terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex- post facto. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru SMP Negeri di kota Yogyakarta yang berjumlah 517 guru. Teknik pengambilan sampel pada pada penelitian ini menggunakan teknik proportionate random sampling yang menghasilkan 127 orang guru sebagai responden. Uji validitas instrumen menggunakan teknik expert judgment dan analisis product moment Kolmogorov Smirnov kemudian di uji reliabilitasnya menggunakan analisis Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di kota yogyakarta pada masa pandemi Covid- 19 sebesar 50,7%. (2) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara iklim sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19 sebesar 42,8%. (3) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara self-efficacy guru terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Yogyakarta pada masa pandemi Covid-19 sebesar 71,7%. (4) Terdapat kontribusi yang positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah, iklim sekolah, dan self-efficacy guru secara simultan terhadap kinerja guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kota Yogya
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Academic Supervision, School Climate, Self-Efficacy, Teacher Performance. |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 02:15 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 02:46 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73546 |
Actions (login required)
View Item |