PEMBINAAN BAKAT PESERTA DIDIK PADA KELAS PEMINATAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DAN SMP MUHAMMADIYAH 1 ADIWERNA

Aulia, Zulfa (2022) PEMBINAAN BAKAT PESERTA DIDIK PADA KELAS PEMINATAN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DAN SMP MUHAMMADIYAH 1 ADIWERNA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_zulfa aulia_18703251014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembinaan bakat peserta didik meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) hambatan (4) upaya yang dilakukan pada proses pembinaan peserta didik kelas peminatan di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna. Subyek penelitian terdiri dari Kepala sekolah, dua wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru pengajar kelas peminatan tahfidz, IT, dan Bilingual. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Analisis data yang dilakukan menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang dilakukan di kedua sekolah, memiliki kesamaan berupa identifikasi pemahaman diri peserta didik melalui empat tahap: (a) pengisian angket pemilihan kelas peminatan, (b) tes wawancara peminatan, (c) observasi kemampuan peserta didik, (d) pengumpulan dokumen. (2) Pelaksanaan pembinaan pada kelas peminatan dilakukan dengan: (a) membina peserta didik dengan kegiatan pertukaran pelajar pada program sister school serta program pengembangan Bahasa di kampung Inggris dan (b) menerapkan metode pembelajaran berbasis android. Sedangkan di SMP Muhammadiyah 1 Adiwerna, antara lain: (a) mengembangkan kemampuan menghafal Al-Qur’an bagi peserta didik dengan program kepembinaan camp tahfidz dan (b) pendampingan dari tenaga pendidik dalam bentuk pelatihan, (3) Hambatan yang ditemukan ialah: ketidaktersediaan laboratorium bahasa, kesulitan peserta didik dalam mendapatkan motivasi belajar, kesulitan yang dialami guru dalam mengajar IT, keterbatasan anggaran penyediaan komputer pada pembelajaran kelas ICT, keterbatasan guru pada proses penilaian peserta didik.(4) Upaya yang dilakukan yaitu pengadaan laboratorium bahasa bagi kelas Bilingual secara bertahap, mengadakan forum diskusi antar guru dan orang tua, upaya pelatihan IT bagi guru pengajar, memberikan ketetentuan bagi peserta didik kelas peminatan untuk dapat menyediakan laptop masing-masing.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Coaching, Talent, Students, Interest Classes, Junior High School.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:13
Last Modified: 18 Jul 2022 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73545

Actions (login required)

View Item View Item