PERAN PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN

Sujasan, Sujasan (2021) PERAN PENGELOLAAN KEUANGAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_sujasan_19703251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Peran pengelolaan keuangan dalam hal transparansi, akuntabilitas dan responsibilitas dana pendidikan di sekolah. (2) Peran pengelolaan keuangan dalam meningkatkan kinerja guru untuk peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. (3) Peran pengelolaan keuangan yang transparan, akuntabel dan responsibel dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan sekolah Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pemilihan subyek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu kepala sekolah dan guru di dua Sekolah Menengah Pertama di kota Pemangkat, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman & Saldana (2014) yaitu data condensation, data display dan drawing and verifying conclusion, serta keabsahan data melalui uji kredibilitas dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengelolaan keuangan dengan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan responsibilitas berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru di sekolah. (2) Pengelolaan keuangan sekolah berdasarkan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan responsibilitas yang baik akan meningkatkan kinerja guru dan kualitas sekolah. Hal ini dapat dilihat dari data dinas pendidikan Kabupaten Sambas 2020, dimana terdapat sekitar 10 sekolah yang bermutu dan baik di Kota Pemangkat, yang pada akhirnya mengalami kemunduran karena tidak menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas dan responsibilitas dalam pengelolaan dana pendidikan. (3) pengelolaan keuangan yang transparan, akuntabel dan responsibel dengan melakukan tahapan: (a) penyusunan RAPBS; (b) pengadaan dan pengalokasian anggaran; (c) pelaksanaan anggaran sekolah; (d) pemantauan; (e) pembukuan keuangan sekolah; (f) pertanggungjawaban; (g) penilaian kinerja, dapat meningkatkan daya saing dan keberlanjutan sekolah. Hal ini tampak dari hasil penelitian dimana sekolah AM mengalami kemunduran dan sekolah SE yang kurang diperhitungkan mengalami kemajuan pesat dalam hal penerimaan jumlah siswa (sekolah AM:180 berbanding SE: 219)

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: the role of finance, financial management, teacher performance, educational development
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 02:00
Last Modified: 18 Jul 2022 02:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73541

Actions (login required)

View Item View Item