BUDAYA SEKOLAH SEHAT DI SD NEGERI 2 SANDEN DAN SD NEGERI 2 GADINGHARJO KECAMATAN SANDEN BANTUL

ISVANDARI, SHANDRA NUR (2021) BUDAYA SEKOLAH SEHAT DI SD NEGERI 2 SANDEN DAN SD NEGERI 2 GADINGHARJO KECAMATAN SANDEN BANTUL. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_shandra nur isvandari_17703254005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Budaya Sekolah Sehat merupakan hasil dari pengembangan budaya sekolah sehat yang secara konsisten diterapkan pada suatu sekolah. Budaya sekolah pada sekolah dasar membantu mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang sehat, baik secara fisik, psikis, maupun sosial. Beberapa sekolah telah mencoba menerapkan program sekolah sehat namun banyak diantaranya belum bisa membudayakan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengalaman dalam manajemen budaya sekolah sehat di sekolah dasar yaitu di SD Negeri 2 Sanden dan SD Negeri 2 Gadingharjo. Penelitian ini merupakan studi kasus kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, komite sekolah, siswa, orang tua siswa, dan puskesmas. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis kualitatif Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah sehat memerlukan manajemen sistematis dan keterlibatan dari berbagai stakeholder. Wujud idiil perencanaan budaya sekolah sehat di SD Negeri 2 Sanden dan SD Negeri 2 Gadingharjo yaitu sekolah menyusunan visi, misi, dan tujuan sekolah. Visi, misi, dan tujuan sekolah memuat nilai pengembangan budaya sekolah sehat. Wujud sistem sosial perencanaan budaya sekolah sehat yaitu perencanaan kegiatan pembiasaan dan internalisasi nilai-nilai peduli kesehatan, kebersihan, dan lingkungan. Wujud kebudayaan fisik perencanaan budaya sekolah sehat yaitu pembuatan proposal pengembangan budaya sekolah sehat dan pembuatan MOU dengan mitra luar. Wujud idiil pelaksanaan budaya sekolah sehat tercermin pada kebijakan untuk menanamkan dan mempertahankan esksistensi budaya sekolah sehat yang telah berkembang. Wujud sistem sosial pelaksanaan budaya sekolah sehat tercermin dalam pola perilaku atau adat kebiasaan yang dilakukan pada saat siswa datang, pada saat siswa melakukan kegiatan belajar mengajar, pada saat istirahat, pada saat ekstrakurikuler, dan pada saat siswa pulang atau di rumah. Wujud kebudayaan fisik pelaksanaan budaya sekolah sehat yaitu hasil karya siswa dari kegiatan pengolahan sampah, prestasi sekolah, mading sekolah sehat, fasilitas dan sarana terstandarisasi serta terawat, lingkungan bersih dan asri, bangunan tertata dan termanfaatkan dengan baik. Wujud idiil evaluasi budaya sekolah sehat yaitu ketercapaian visi, misi, dan tujuan dengan melihat pengalaman yang dialami selama memanajemen budaya sekolah sehat. Wujud sistem sosial evaluasi budaya sekolah sehat dapat dilihat dari perubahan kebiasaan dan identifikasi kendala serta solusi dalam memanajemen sekolah sehat. Wujud kebudayaan fisik evaluasi budaya sekolah sehat yaitu adanya dokumentasi hasil dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Healthy school, character education, healthy school culture, management
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:58
Last Modified: 18 Jul 2022 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73539

Actions (login required)

View Item View Item