MANAJEMEN PRAKTIK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN 4 TAHUN DI SMK

Novita sari, Salma (2022) MANAJEMEN PRAKTIK KERJA INDUSTRI KOMPETENSI KEAHLIAN 4 TAHUN DI SMK. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_salma novita sari_18703251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan manajeman praktik kerja industri SMK kompetensi keahlian 4 tahun di SMK Negeri 2 Depok Sleman dan SMK Negeri 2 Klaten, (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat manajemen praktik kerja industri SMK kompetensi keahlian 4 tahun di SMK Negeri 2 Depok Sleman dan SMK Negeri 2 Klaten, (3) Untuk mendeskripsikan cara mengatasi hambatan manajemen praktik kerja industri SMK kompetensi keahlian 4 tahun di SMK Negeri 2 Depok Sleman dan SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMK Negeri 2 Depok Sleman dan SMK Negeri 2 Klaten. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian melalui triangulasi, dan pengecekan anggota. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, sampai dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut.1) Manajemen Praktik Kerja Industri SMK Kompetensi Keahlian 4 tahun di SMK Negeri 2 Depok Sleman dan SMK Negeri:a) Perencanaan terlaksana dengan baik di tahun ke 3 semester 4 dengan tahapan analisis kebutuhan, sosialisasi mengenai prakerin, pemetaan industri disesuaikan dengan lokasi dan pembiayaan berasal dari biaya personal dan non personal, b) Pengorganisasian sudah dari pihak sekolah dan industri dan penempatan siswa industri sudah sesuai dengan jurusan masing masing, c)Pelaksanaan prakerin dilakukan dengan integrasi kurikulum sekolah dan industri kemudian diadakan evaluasi dan pembinaan menjadi kewenangan industri dan sekolah, d) Pengawasan prakerin dilaksanakan dengan monitoring minimal 2-3 kali, penilaian menjadi kewenangan industri yang terdiri dari aspek keterampilan dan sikap dan umpan balik berbentuk kuoesiner atau ditulis di jurnal.2) Faktor pendukung dan penghambat: a)Faktor pendukung:a)Alumni dari sekolah membantu adik tingkatnya, b) Fasilitas yang ada di sekolah lengkap c) Industri sangat antusias terhadap siswa yang prakerin serta memberikan fasilitas yang lengkap dan memberikan uang insentif terhadap siswa prakerin, d) Industri sangat antusias menerima siswa prakerin,b) Faktor penghambat:a) Siswa tidak kerasan di tempat prakerin dan nilainya menjadi tidak maksimal, b) Masalah biaya juga menjadi kendala oleh siswa,c) Lokasi kota kedua sekolah bukan merupakan kota industri.3)Cara mengatasi hambatan dalam penyelenggaraan manajemen prakerin kompetensi keahlian 4 tahun di SMK Negeri 2 Depok dan SMK Negeri 2 Klaten a) memberikan pembekalan, b) memberikan bantuan dana melalui BOS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Management, Industrial Work Practices, Vocational High School, 4- year competency skills
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:57
Last Modified: 18 Jul 2022 02:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73538

Actions (login required)

View Item View Item