SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001: 2015 DALAM PENINGKATAN PELAYANAN MUTU DI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI DAN SMK YAPPI WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

ISTRIANI, ROKHMAH NUR (2021) SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001: 2015 DALAM PENINGKATAN PELAYANAN MUTU DI SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI DAN SMK YAPPI WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_rokhmah nur istriani_16703251029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2015 yaitu: (a) SMM dilihat dari manajemen operasional sekolah dalam menunjang pelayanan mutu, (b) SMM dilihat dari fasilitas sekolah dalam menunjang pelayanan mutu; (2) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat terhadap peningkatan pelayanan mutu; (3) mengetahui aspek-aspek yang perlu diperbaiki agar mendekati standar dalam SMM ISO 9001: 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, kepala unit manajemen mutu, wakil manajemen mutu (QMR/QMS), guru, karyawan, dan siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah menengah Kejuruan Muhammadiyah Wonosari dan Sekolah Menengah Kejuruan Yappi Wonosari. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah model analisis data Creswell, Miles, Huberman & Saldana melalui kegiatan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2015 di SMK Muhammadiyah Wonosari dan SMK Yappi Wonosari Kabupaten Gunungkidul yaitu: (a) SMM ISO 9001: 2015 dilihat dari manajemen operasional sekolah dalam peningkatan pelayanan mutu melalui sistem operasional sekolah yang mendukung berupa SDM yang memenuhi kriteria dan proses KBM yang dilaksanakan di sekolah, (b) Sistem Manajemen Mutu SMM ISO 9001: 2015 dilihat dari fasilitas sekolah dalam peningkatan pelayanan mutu melalui memenuhi kebutuhan sarana prasarana dalam proses pendidikan, dan memberikan pelayanan kepada pelanggan internal maupun eksternal; (2) faktor pendukung dan penghambat peningkatan mutu pelayanan yaitu faktor pendukung dari program unggulan sekolah TeFa, pelaksanaan audit internal maupun eksternal dan faktor penghambat peningkatan pelayanan mutu berupa pencatatan rekaman kegiatan manajemen yang kurang disiplin, pemahaman SMM, serta multitaskin; (3) aspek-aspek yang perlu diperbaiki agar mendekati standar dalam Sistem Manajemen Mutu melalui perbaikan SDM, perbaikan standar SMM ISO 9001:2015 dengan menerapkan dan memperbaiki tujuh prinsip manajemen mutu yaitu (a) prinsip fokus terhadap pelanggan; (b) prinsip kepemimpinan; (c) prinsip keterlibatan orang; (d) prinsip pendekatan proses; (e) prinsip peningkatan; (f) prinsip pengambilan keputusan berbasis bukti; (g) prinsip pengelolaan hubungan/relasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: quality management system, quality service, ISO
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:55
Last Modified: 18 Jul 2022 02:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73537

Actions (login required)

View Item View Item