KETERLIBATAN KOMITE DALAM MANAJEMEN SEKOLAH PADA SMK NEGERI 2 SABU BARAT DAN SMA NEGERI 1 HAWU MEHARA DI KABUPATEN SABU RAIJUA, NTT

BUNGA, RAMLIN (2022) KETERLIBATAN KOMITE DALAM MANAJEMEN SEKOLAH PADA SMK NEGERI 2 SABU BARAT DAN SMA NEGERI 1 HAWU MEHARA DI KABUPATEN SABU RAIJUA, NTT. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ramlin bunga_18703251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlibatan komite dalam manajemen sekolah dan faktor pendukung serta faktor penghambat pada SMK Negeri 2 Sabu Barat dan SMA Negeri 1 Hawu Mehara di Kabupaten Sabu Raijua, NTT. Metode penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di SMK Negeri 2 Sabu Barat dan SMA Negeri 1 Hawu Mehara. Subjek penelitian, yaitu kepala sekolah dan ketua komite SMK Negeri 2 Sabu Barat dan SMA Negeri 1 Hawu Mehara. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, (1) keterlibatan komite dalam manajemen sekolah pada SMK Negeri 2 Sabu Barat dan SMA Negeri 1 Hawu Mehara dilaksanakan melalui 4 fase, yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan. Pada fase perencanaan, sekolah menentukan program prioritas, mengundang komite untuk meminta masukan dan pertimbangan terkait program yang diusulkan oleh sekolah. Setelah program disepekati, barulah program itu ditandatangani oleh kedua pihak. Program sekolah yang didukung oleh komite masih terlihat pada program pembangunan fisik, sedangkan program yang bersifat akademik belum tampak. Pada fase pengorganisasian, kedua sekolah bersama komite memetakan sumber daya manusia dan non manusia. Pemetaan sumber daya manusia dilakukan dengan membentuk panitia kerja, sedangkan pemetaan sumber daya non manusianya dengan pemetaan kontribusi dari komite berupa uang, barang, dan tenaga yang disesuaikan dengan kemampuan komite. Pada fase pelaksanaan, kedua sekolah bersama komite mengerahkan semua sumber daya yang telah diorganisir. Pada fase pengontrolan, kedua sekolah bersama komite memantau, mengawasi, dan melakukan tindakan perbaikan terhadap program sekolah. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat keterlibatan komite dalam manajemen sekolah pada SMK Negeri 2 Sabu Barat dan SMA Negeri 1 Hawu Mehara. Faktor pendukungnya meliputi: (a) adanya komunikasi yang baik antara sekolah dengan komite, (b) masih ada sebagian kecil orang tua memiliki kemauan tinggi untuk mendukung program sekolah, (c) komite sungguh berkomitmen tinggi untuk pembayaran gaji guru, (d) sekolah bersama komite mampu memberdayakan beberapa sumber daya dalam mendukung pelaksanaan beberapa program. Faktor penghambat, yakni tidak semua anggota komite berpartisipasi dalam dukungan dana karena pendapatan orang tua relatif masih rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: school-based management, public relations management, committee
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:52
Last Modified: 18 Jul 2022 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73534

Actions (login required)

View Item View Item