MANAJEMEN KEMITRAAN DALAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN DI SMKN 1 PUNDONG DAN SMKN 1 SEDAYU

AVIANTO, NOVA (2021) MANAJEMEN KEMITRAAN DALAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PENGELASAN DI SMKN 1 PUNDONG DAN SMKN 1 SEDAYU. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_nova avianto_17703251074.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, dan (4) pengawasan kemitraan dalam praktik kerja industri program keahlian teknik pengelasan di dua Sekolah Menengah Kejuruan di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di dua Sekolah Menengah Kejuruan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala jurusan teknik pengelasan, dan guru produktif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui wawancara, studi dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data diuji menggunakan trianggulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, menampilkan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yaitu: (1) Terjadinya perencanaan kemitraan untuk menyamakan kompetensi di sekolah dan industri. Persiapan dilakukan di antaranya mencari industri yang memiliki kesesuaian dengan jurusan di sekolah dan untuk menyiapkan tenaga kerja yang ahli, (2) Pengorganisasian kemitraan di dua Sekolah Menengah Kejuruan dilaksanakan oleh guru produktif, wakil kepala sekolah bidang humas, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dan tanggung jawab berada di kepala sekolah. Faktor-faktor yang memengaruhi manajemen kemitraan yaitu bengkel praktik di sekolah sudah sesuai standar, (3) Pelaksanaan kemitraan yang terjadi di dua Sekolah Menengah Kejuruan di mulai dari menyusun kurikulum dan di akhiri dengan evaluasi uji kompetensi selama enam bulan. Pihak-pihak yang terlibat yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang humas, BKK, kepala jurusan, kepala bengkel, guru-guru produktif, guru-guru normatif, dan guru BK, dan (4) Pengawasan kemitraan di SMKN 1 Sedayu dan SMKN 1 Pundong program keahlian teknik pengelasan dilihat dari nilai yang diberikan industri dan kompetensi yang telah dicapai siswa dengan mengisi buku jurnal. Aspek yang dievaluasi yaitu kesesuaian kompetensi antara sekolah dan industri.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Partnership Management, Industrial Work Practices, Welding Engineering
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:21
Last Modified: 18 Jul 2022 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73530

Actions (login required)

View Item View Item