MANAJEMEN MUTU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AZ-ZAHRA SRAGEN

ROHMAH, MUNIF ROFI’ATUR (2022) MANAJEMEN MUTU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AZ-ZAHRA SRAGEN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_munif rofiatur rohmah_17703251044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap manajemen mutu di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Az-Zahra Sragen yang meliputi: perencanaan mutu, pelaksanaan mutu, pengawasan mutu, hambatan manajemen mutu, dan solusi untuk mengatasi hambatan manajemen mutu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, karyawan, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan cara melakukan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles, Huberman & Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan mutu dengan menyusun rencana jangka pendek, menengah dan panjang. Maknanya adalah sekolah menggunakan hasil evaluasi sebagai landasan membuat rencana; (2) Pelaksanaan mutu dengan melibatkan semua guru dan tenaga kependidikan dan memastikan semua koordinator perbidang bekerja sesuai dengan tupoksi. Maknanya adalah semua warga sekolah memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya masing-masing sesuai perencanaan mutu; (3) Pengawasan mutu dengan melakukan monitoring dan evaluasi harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Maknanya adalah mencegah secara dini terjadinya penyimpangan antara perencanaan dengan pelaksanaan mutu secara terus menerus; (4) Hambatan pelaksanaan manajemen mutu yaitu: terdapat guru yang kurang bisa bekerja tim, guru kurang disiplin, dan tidak semua wali murid santun dalam memberikan masukan. Maknanya adalah manajemen mutu terhambat oleh faktor internal sebagai kelemahan dan faktor eksternal sebagai ancaman; (5) Solusi untuk mengatasi hambatan adalah dengan melakukan pembinaan, pendekatan secara personal dengan menegur dan memberikan pemahaman, dan melakukan perbaikan secara terus menerus. Maknanya adalah untuk mengatasi hambatan diperlukan komunikasi efektif dan pendekatan personal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Quality Management, School Quality, SDIT
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:20
Last Modified: 18 Jul 2022 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73529

Actions (login required)

View Item View Item