MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA SMK NEGERI KEBONAGUNG DAN SMK PGRI DONOROJO KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR DI KABUPATEN PACITAN PROVINSI JAWA TIMUR

LUQMANULHAKIM, MUHAMMAD (2021) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA SMK NEGERI KEBONAGUNG DAN SMK PGRI DONOROJO KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR DI KABUPATEN PACITAN PROVINSI JAWA TIMUR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_muhammad luqmanulhakim_17703251046.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan dan hambatan dalam pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana di SMK Negeri Kebonagung dan SMK PGRI Donorojo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada dua sekolah yaitu SMK Negeri Kebonagung dan SMK PGRI Donorojo dengan beberapa pertimbangan yaitu 1) kedua sekolah tersebut memiliki prosesmanajemen sarana dan prasarana yang baik seusai dengan standar PERMENDIKNAS. 2) Kedua sekolahan tersebut memiliki fasisilitas penunjang seperti bengkel luar sebagai pembelajaran dan unit produksi. 3) SMK ini diakui kualitas pendidikannya karena memiliki bengkel dengan fasilitas yang lengkap dan membuka layanan bengkel untuk masyarakat di sekitar sekolah dengan kerjasama dengan Honda. Fokus penelitian ini adalah proses manajemen sarana dan prasarana yang dilakukan di kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri Kebonagung dan SMK PGRI Donorojo. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang saran dan prasarana, kepala kompetensi keahlian, dan kepala bengkel. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik interactive analysis dari Miles dan Huberman 2014 yang meliputi kondensasi data, penyajian data, lalu penarikan dan verifikasi kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh suatu temuan penelitian yaitu, 1) Mekanisme perencanaan dilakukan melalui rapat antara kepala sekolah dengan pengelola bidang sarana dan prasarana dan guru pada awal semester, pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana didasarkan pada prioritas kebutuhan sekolah berdasarkan dana yang dimiliki. 2) Pengorganisasian sumber daya manusia dalam pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana dipimpin oleh kepala sekolah dengan mendelegasikan kewenangan kepada anggota, 3) Pengarahan secara aktif dilakukan kepala sekolah dengan memberikan bimbingan dan saran terkait pelaksanaan tugas oleh anggota, model manajemen yang dianut adalah top management an pengambilan keputusan menggunakan model bottom up, 4) Pengawasan dilakukan melalui supervisi, 5) Hambatan yang dihadapi dua sekolah adalah kurang tertib administrasi dalam pencatatan barang, kekurangan gedung penyimpanan alat, dan untuk SMK PGRI Donorojo kekurangan guru untuk kompetensi keahlian TBSM.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: management facilities, motorcycle engineering and business skills competence
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:19
Last Modified: 18 Jul 2022 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73528

Actions (login required)

View Item View Item