PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KOMITMEN KERJA GURU DI SEKOLAH PANGUDI LUHUR KLATEN

Sembiring, Maria Sari Dewi (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM SEKOLAH, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KOMITMEN KERJA GURU DI SEKOLAH PANGUDI LUHUR KLATEN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_maria sari dewi sembiring_18703251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, motivasi berprestasi terhadap komitmen kerja guru di sekolah Pangudi Luhur Klaten. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMK Leonardo Pangudi Luhur Klaten dan SMP 1 Pangudi Luhur Klaten. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru SMK Pangudi Luhur Klaten dan guru SMP 1 Pangudi Luhur Klaten sejumlah 90 Orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melakukan observasi, wawancara dan pengumpulan data melalu angket. Uji keabsahan data dalam penelitian ini memiliki kreteria yaitu kreadibilitas, transfermabilitas, dependabiltas, dan konfirmabilitas. Analisis data yang digunkan adalah uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas kemudian uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multiple dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Berdasarkan pengolahan data dengan persamaan linieritas, terdapat nilai sig pada deviation from linearity adalah 0,016 < dari 0,05 yang berarti variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Variabel Komitmen Kerja Guru (Y) mempunyai hubungan linieritas yang signifikan. Diketahui nilai sig. adalah 0,007 < 0,05 berarti Iklim Sekolah (X2) dan komitmen kerja guru (Y) mempunyai hubungan linieritas yang signifikan. Diketahui nilai Sig. 0,009 < dari 0,05 berarti X3 dan Y mempunyai hubungan linieritas yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Leadership, school climate, achievement motivation, work commitment
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:18
Last Modified: 18 Jul 2022 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73527

Actions (login required)

View Item View Item