PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU SMA DI KABUPATEN LEMBATA

Belan, Longginus Laga (2021) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU SMA DI KABUPATEN LEMBATA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_longginus laga belan_19703251057.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh supervisi akademik kepala sekolah, kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru mata pelajaran ujian nasional pada SMA di Kabupaten Lembata. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi penelitian adalah semua guru SMA di Kabupaten Lembata yang berjumlah 357 orang. Sampel penelitian sebanyak 127 guru dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data melalui questioner dengan validasi dari ahli dan uji empirik. Validasi instrument melalui validitas isi dan konstruk sedangkan reliabilitas instrument menggunakan rumus Alpha Cronbach. Regresi sederhana dan regresi berganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa; 1) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kompetensi guru pada SMA di Kabupaten Lembata dengan nilai signifikansi 0,000 (0,000 < 0,05), t hitung (3.937) > t tabel (1.979) dan koefisien korelasi (R) = 0,810 dan koefisien determinasi ( R2) = 0,657, 2) terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kompetensi guru pada SMA di Kabupaten Lembata dengan nilai signifikansi 0,001 (0,001 < 0,05), t hitung (3.524) > t tabel (1.979) dan koefisien korelasi (R) = 0,721 dan koefisien determinasi ( R2) = 0,520, 3) terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap kompetensi guru pada SMA di Kabupaten Lembata dengan nilai signifikansi 0.040 (0.040 < 0,05), t hitung (2,079) > t tabel (1.979) dan koefisien korelasi (R) =0.676 dan koefisien determinasi ( R2) = 0,457, 4) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi akademik kepala sekolah, kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kompetensi guru SMA di Kabupaten Lembata dengan nilai signifikansi 0.000 (0,000 < 0,05), f hitung (91,810) > f tabel (2,678) dan hasil uji R kuadrat sebesar 69,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: principal academic supervision, principal transformational leadership, school climate and pedagogic and professional competence
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:17
Last Modified: 18 Jul 2022 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73526

Actions (login required)

View Item View Item