PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN SISWA TERHADAP LOYALITAS SISWA SMAS SE-KECAMATAN KUTOARJO

Trisela, Lika (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN SISWA TERHADAP LOYALITAS SISWA SMAS SE-KECAMATAN KUTOARJO. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_lika trisela_19703254005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo, (2) pengaruh kepuasan siswa terhadap loyalitas siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo, (3) pengaruh kualitas layanan pada loyalitas siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo, dan (4) pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan siswa secara bersama-sama terhadap loyalitas siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif survei. Penelitian dilakukan di SMAS Muhammadiyah Kutoarjo, SMAS Darul Hikmah, dan SMAS Widya Kutoarjo. Sampel penelitian ini sebanyak 146 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan uji validitas instrumen diperoleh rhitung > rtabel sebesar 0,227. Selain itu, hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa ralpha < rtabel adalah 0,60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa di SMAS Muhammadiyah Kutoarjo dan SMAS Widya Kutoarjo yang dibuktikan dengan nilai t = (6,700) > (1,983) untuk SMK dan t = (3,003 ) > (2,776) untuk SWK. Sedangkan hasil yang berbeda ditunjukkan di SMA Darul Hikmah Kutoarjo bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa dibuktikan dengan nilai t = (1,857) > (2,034). (2) Kepuasan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo dibuktikan dengan diperolehnya t = (6,313) > (1,983) untuk SMK, t = (4,428) > (2,034) untuk SDH, dan t = (4.548) > (2.776) untuk SWK. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo dibuktikan dengan nilai t = (5,635) > (1,983) untuk SMK, t = (3,586) > (2,034) untuk SDH, dan t = (3,205) > (2,776) untuk SWK. (4) kualitas pelayanan dan kepuasan siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas siswa SMAS Se-Kecamatan Kutoarjo. Hal ini dibuktikan dengan nilai F = (25,450) > (3,94) di SMK, F = (16,005) > (3,28) di SDH, dan nilai F = (10,015) > (6,94) di SWK.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Quality of service, student satisfaction, and student loyalty
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:16
Last Modified: 18 Jul 2022 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73525

Actions (login required)

View Item View Item