MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN API ASRI SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG

Keswara, Indra (2021) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI PONDOK PESANTREN API ASRI SYUBBANUL WATHON TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_indra keswara_17703254003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik di Pondok Pesantren API ASRI Syubbanul Wathon Tegalrejo Kabupateng Magelang, dilihat dari komponen: Perencanaan, Pengorganisasian, Pembinaan dan Layanan serta Evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif- analitis. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren API ASRI Syubbanul Wathon Tegalrejo Kabupaten Magelang, dengan subjek penelitian ustadz dan santri. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, conclusion drawing/verification. Uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) perencanaan terdiri dari analisis kebutuhan, rekruitmen, seleksi dan orientasi peserta didik 2) Pengorganisasian peserta didik, dilaksanakan di beberapa jenis kegiatan, yaitu, penempatan di asrama berdasarkan gender dan wilayah, penempatan di kajian kitab salaf secara ma‟hady berdasarkan kelas madrasah, penempatan di kajian kitab salaf secara madrasy berdasarkan tingkatan kelas, kajian kitab Al Qur‟an beradasarkan jilid, penempatan di kelas formal beradasarkan hasil tes seleksi masuk, penempatan di kelas ekstrakurikuler beradasarkan minat dan bakat, 3) pembinaan peserta didik dilaksanakan dalam bentuk pembinaan formal dan non formal serta pembinaan kedisiplinan, pembinaan formal terdiri dari pembinaan kademik dan ekstrakurikuler, pembinaan nonformal terdiri dari kajian kitab salaf dan pembinaan kajian kitab Al Qur‟an, 4) Evaluasi peserta didik, dilakukan di unit formal dan nonformal, pelaksanaan evaluasi untuk kajian kitab salaf dilaksanakan 2 kali dalam satu tahun, evaluasi kajian kitab Al Qur‟an di laksanakan setiap selesai jilid, evaluasi kurikuler dilaksanakan 4 kali dalam satu tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Student management, planning, organizing, coaching, evaluation
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:03
Last Modified: 18 Jul 2022 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73523

Actions (login required)

View Item View Item