Korelasi Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PJOK Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Muntilan di Masa Pandemi COVID-19

Salam, Mohammad Nur (2022) Korelasi Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran PJOK Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Muntilan di Masa Pandemi COVID-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_mohammad nur salam_18601241073.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK. (2) Korelasi antara kemandirian belajar dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK. (3) Korelasi antara motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta Didik SMP Negeri 1 Muntilan berjumlah 201. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan rumus slovin sebanyak 134 peserta didik. Instrument yang digunakan yaitu angket untuk mengukur variabel motivasi belajar dan kemandirian belajar. Untuk data hasil belajar menggunakan metode dokumentasi, berupa transkrip nilai Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal. Analisis data menggunakan korelasi sederhana (product moment), korelasi berganda, serta mencari kontribusi variabel (koefisien determinan). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat korelasi yang tidak signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Muntilan dengan tingkat korelasi yang sangat lemah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Nilai rhitung < rtabel, yaitu rhitung 0,124 < rtabel 0,176. (2) Terdapat korelasi yang tidak signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Muntilan dengan tingkat korelasi yang sangat lemah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Nilai rhitung< rtabel, yaitu rhitung 0,160 < rtabel 0,176. (3) Terdapat korelasi yang tidak signifikan antara motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar mata pelajaran PJOK peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Muntilan dengan tingkat korelasi yang sangat lemah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan Nilai rhitung < rtabel, yang dimana rhitung 0,160 < rtabel 0,176.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Jaka Sunardi, M.Kes., AIFO
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, kemandirian belajar, pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:52
Last Modified: 23 Jun 2022 07:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73497

Actions (login required)

View Item View Item