Tingkat Pengetahuan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Peserta Didik Kelas V di SD Aisyiyah Prambanan Klaten

Handayani, Marita Sri (2022) Tingkat Pengetahuan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Peserta Didik Kelas V di SD Aisyiyah Prambanan Klaten. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_marita sri handayani_18604221070.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan peserta didik kelas V di SD Aisyiyah Prambanan Klaten tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Aisyiyah Prambanan Klaten yang berjumlah 18 peserta didik. Instrumen penelitian berupa tes tertulis dengan pilihan ganda. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan disajikan dalam bentuk persentase. Tingkat pengetahuan peserta didik tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dapat dikategorikan menjadi 5 kategori, yaitu sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 61% atau 11 peserta didik masuk kategori sangat baik; dan 39% atau 7 peserta didik masuk kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Riky Dwihandaka, M.Or.
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, perilaku hidup bersih dan sehat, peserta didik SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:35
Last Modified: 23 Jun 2022 07:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73494

Actions (login required)

View Item View Item