Pengaruh Olahraga Bola Voli Terhadap Budaya Rasulan di Dusun Saban Desa Karangwuni Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul

Ardiansyah, Faiz Afnan (2022) Pengaruh Olahraga Bola Voli Terhadap Budaya Rasulan di Dusun Saban Desa Karangwuni Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_faiz afnan ardiansyah_18601244010.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi dengan Judul “Pengaruh Olahraga Bola Voli Terhadap Budaya Rasulan Di Dusun Saban Desa Karangwuni Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul” ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa hubungan antara olahraga bola voli dengan budaya rasulan khususnya di Dusun Saban Desa Karangwuni Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang menggambarkan bagaimana pengaruh olahraga bola voli terhadap tradisi rasulan di Dusun Saban Desa Karangwuni Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 Kepala Desa, 1 Kepala Dusun, 1 Karang Taruna dan 1 Pelaku Olahraga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik reduksi data dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa olahraga bola voli mempunyai pengaruh dan daya tarik yang cukup besar dalam pelaksanaan kegiatan rasulan, peran pemerintah desa dan masyarakat cukup baik. Selain itu, Karang Taruna yang bertugas sebagai panitia pelaksanaan sudah mampu menunjukkan performa yang baik dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Suhadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: olahraga bola voli, budaya rasulan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:03
Last Modified: 23 Jun 2022 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73491

Actions (login required)

View Item View Item