MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS IMTAQ DI ERA DIGITAL SD ISLAM AL AZHAR 31 YOGYAKARTA DAN SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL

FARIDA, FARIDA (2022) MANAJEMEN PESERTA DIDIK BERBASIS IMTAQ DI ERA DIGITAL SD ISLAM AL AZHAR 31 YOGYAKARTA DAN SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_farida_18703251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola manajemen peserta didik berbasis imaq di era digital di SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta dan SD Islam Al Azhar 38 Bantul dan menemukan pola manajemen peserta didik berbasis imtaq di era digital yang efektif untuk sekolah dasar yang mencangkup perencanaan, pengorganisasia, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru agama Islam, guru kelas, dan pengelola multimedia. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola manajemen peserta didik berbasis imtaq di era digital di SD Islam Al Azhar 31 Yogyakarta dan SD Islam Al Azhar 38 Bantul dilakukan dengan langkah-langkah manajemen pendidikan. Perencanaan kedua sekolah tersebut menerima 32 siswa setiap rombel, menyeleksi dengan kriteria berdasarkan observasi, mengenalkan lingkungan sekolah, dan menempatkan peserta didik secara inklusive. Pengorganisasian di kedua sekolah mengalami perubahan disetiap tahunnya untuk memberikan kesempatan yang sama pada masing-masing guru. Pelaksanaan terwujud dalam pembinaan pembelajaran pembiasaan, dan evaluasi, kegiatan tersebut untuk menggali potensi dan bakat peserta didik. Pembelajaran menggunakan dua kurikulum yaitu kurikulum nasional dan Pengembangan Pribadi Muslim Al Azhar (PPMA), pembelajaran menggunakan metode ceramah, tilawati, demonstrasi, akhlak mulia, resourch person, whaching film,dan sorogan. Pembiasaan dilakukan sebelum memasuki kelas yaitu ikrar, berdo’a, tadarus, shalat berjamaah, adapun kegiatan infaq dan shodaqoh untuk yayasan dan anak asuh berkelanjutan. Evaluasi dilakukan melalui ujian semester, ujian sekolah, dan ujian negara, kelulusan ujian berdasarkan standar kelulusan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Pengawasan di SD 31 dilakukan dua kali dalam satu semester, sedangkan di SD Islam Al Azhar 38 Bantul melakukan pengawasan satu kali dalam satu semester dan dilakukan oleh yayasan asram foundation, Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) dan dinas. Pola manajemen peserta didik yang efektif yaitu perencanaan dengan proses yang terstruktur merencanakan jumlah peserta didik, seleksi dengan melihat perkembangan siswa dan pengetahuan agama, mengenalkan lingkungan sekolah, menempatkan peserta didik secara seimbang, pengorganisasian yang memiliki tujuan dan sasaran pelaksanaan dilakukan dengan adanya saling kerjasama setiap guru, memberikan pengalaman yang sama disetiap guru. Pengawasan dilakukan dua kali setiap semester untuk melihat perkembangan peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: student management, imtaq, digital era, elementary school
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:32
Last Modified: 18 Jul 2022 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73486

Actions (login required)

View Item View Item