PENGARUH PELATIHAN, PENGALAMAN MENGAJAR DAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU SMA NEGERI DI KECAMATAN MUARA ENIM

LUMBANRAJA, HANA MARIA ULI (2021) PENGARUH PELATIHAN, PENGALAMAN MENGAJAR DAN BUDAYA ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALISME GURU SMA NEGERI DI KECAMATAN MUARA ENIM. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_hana maria uli lumbanraja_18703251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, pengalaman mengajar, dan budaya organisasi sekolah terhadap profesionalisme guru SMA Negeri di Kecamatan Muara Enim secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex- post facto. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri di Kecamatan Muara Enim yang berjumlah 128 orang, semua diambil sebagai responden (penelitian populasi). Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala penilaian (Rating Scale) dengan empat alternatif jawaban. Uji validitas instrumen menggunakan Expert Judgment dan Product Moment Correlation. Uji reliabilitas instrumen menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data dengan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pelatihan secara parsial terhadap profesionalisme guru SMA Negeri di Kecamatan Muara Enim sebesar 8,8%, hal ini ditunjukkan dengan nilai R2 sebesar 0,137; (2) Terdapat pengaruh pengalaman mengajar secara parsial terhadap profesionalisme guru SMA Negeri di Kecamatan Muara Enim sebesar 7,1%, hal ini ditunjukkan dengan nilai R2 sebesar 0,130; (3) Terdapat pengaruh budaya organisasi sekolah secara parsial terhadap profesionalisme guru SMA Negeri di Kecamatan Muara Enim sebesar 10,1%, hal ini ditunjukkan dengan nilai R2 sebesar 0,177; (4) Terdapat pengaruh pelatihan secara parsial terhadap pengalaman mengajar guru SMA Negeri di Kecamatan Muara Enim, hal ini ditunjukkan dengan nilai R2 sebesar 0,044; (5) Terdapat pengaruh pengalaman mengajar secara parsial terhadap budaya organisasi SMA Negeri di Kecamatan Muara Enim, hal ini ditunjukkan dengan nilai R2 sebesar 0,219; (6) Terdapat pengaruh pelatihan secara parsial terhadap budaya organisasi SMA Negeri di Kecamatan Muara Enim, hal ini ditunjukkan dengan nilai R2 sebesar 0,137; (7) Terdapat pengaruh pelatihan, pengalaman mengajar, dan budaya organisasi sekolah secara simultan terhadap profesionalisme guru SMA Negeri di Kecamatan Muara Enim sebesar 26,1%, hal ini ditunjukkan dengan nilai R2 sebesar 0,261.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Training, teaching experience, organizational culture, teachers’ professionalism
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:30
Last Modified: 18 Jul 2022 03:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73485

Actions (login required)

View Item View Item