Kartika, Dewi (2021) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK). S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_dewi kartika_17703251075.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan karakter di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), karakter yang dimiliki siswa sebagai hasil dari manajemen pendidikan karakter, dan lulusan diserap oleh dunia usaha dan industri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengungkapkan informasi tentang manajemen pendidikan karakter yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian yang dilaksanakan di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang dan SMK Bina Teknologi Purwokerto dalam usaha membentuk dan menanamkan nilai-nilai karakter kepada pesertadidik guna menyiapkan lulusan siap kerja yang berkarakter. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kesiswaan, guru, siswa, dan DU/DI (dunia usaha dan industri), serta dokumen-dokumen yang berhubungan dengan menejemen pendidikan karakter dan hasil observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data, kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: Perencanaan, menyusun tim rencana kerja sekolah, melakukan evaluasi, merencanakan program dan kegiatan yang mengarah pada pembentukan karakter yang dikembangkan, dan mengintegrasikan pendidikan karakter kedalam kegiatan siswa dikelas dan diluar kelas; Pengorganisaian, membagi tugas kepada guru sebagai pelaksana penanaman pendidikan karakter disekolah, menentukan pembina kegiatan dan jadwal kegiatan pembinaan yang disusun oleh kesiswaan, kurikulum, dan pembinan kegiatan ; Pelaksanaan, mengintegrasikakan nilai-nilai karakter kedalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan di luar kelas, SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang mengembangkan karakter karakter disiplin, religious, dan peduli lingkunga dan SMK Bina Teknologi Purwokerto mengembangkan karakter disiplin, kreatif dan peduli sosial; Pengendalian dilakukan dengan dua cara yaitu : a) administrative (1) pemberlakuan tatatertib sekolah, (2) pemberian hukuman, sanksi/point, (3) buku catatan kenakalan siswa, (4) buku kehadiran siswa dalam setiap kegiatan, dan (5) Rapat rutin; b) non administrative (1) membangun komunikasi aktif dengan warga sekolah, (2) pemantauan, dan (3) pemberian motivasi. Manajemen pendidikan karakter berimbas baik pada karakter yang dimiliki siswa dan daya serap lulusan SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang dan SMK Bina Teknologi Purwokerto.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Education Management, Character Education, Vocational High Schools |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 01:27 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:23 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73483 |
Actions (login required)
View Item |