PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN

WIDIASMARA, BANU (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_banu widiasmara_18703251031.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh: (1) kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Sleman, (2) budaya organisasi terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Sleman, (3) kepemimpinan instruksional kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah guru SMA Negeri Se-Kabupaten Sleman yang berjumlah 626 guru. Sampel pada penelitian menggunakan teknik proportionate random sampling yang menghasilkan 244 orang guru dari 17 SMA Negeri se- Kabupaten Sleman sebagai responden. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala penilaian kategori dengan 5 alternatif jawaban. Uji validitas instrumen menggunakan teknik expert judgment dan product moment kemudian uji reabilitas instrumen menggunakan teknik alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan instruksional kepala sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Sleman sebesar 48,6%, (2) terdapat pengaruh budaya organisasi sekolah terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Negeri Se-Kabupaten Sleman sebesar 37,7%, (3) terdapat pengaruh kepemimpinan instruksional kepala sekolah, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Negeri Se- Kabupaten Sleman sebesar 86,3%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Principal Instructional Leadership, Organizational Culture, Teachers’ Performance.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:19
Last Modified: 18 Jul 2022 03:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73480

Actions (login required)

View Item View Item