Barokah, Ayel Robbul (2021) MANAJEMEN PENGEMBANGAN DIRI GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN SUMENEP. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_ayel robbul barokah_18703251015.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) manajemen pengembangan diri guru dalam kerangka pengembangan keprofesian berkelanjutan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sumenep, (2) faktor penghambat dan pendukung pengembangan diri guru dalam kerangka pengembangan keprofesian berkelanjutan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sumenep, (3) inovasi manajemen pengembangan diri kerangka pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sumenep. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sumenep. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melakukan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, instrumen observasi dan pedoman dokumenter. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, kemudian menampilkan data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang manajemen pengembangan diri guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Sumenep menunjukkan sebagai berikut (1) Manajemen pengembangan diri guru dalam kerangka keprofesian berkelanjutan berjalan dengan baik dan sistematis dengan adanya penerapan fungsi-fungsi manajemen didalamnya seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program pengembangan diri guru meliputi faktor ekternal dan internal, di mana faktor pendukung tersebut meliputi kemampuan guru, dukungan dari kepala sekolah baik motivasi dan mengikut sertakan guru dalam pelatihan, sarana dan prasara yang mendukung. Faktor penghambatnya adalah rendahnya kesadaran guru dalam meningkatkan kualitasnya, kurang mampunya guru membagi waktu antara mengikuti pelatihan dan mengajar dikelas, kurangnya pengalaman mengajar dan kurang paham dalam mengaplikasikan tehknologi pembelajaran, (3) Inovasi manajemen pengembangan diri kerangka pengembangan keprofesian berkelanjutan yaitu memperhatikan detail terkait kegiatan dalam meningkatan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh guru dengan memperhatikan proses tiga langkah dasar dalam pengembangan keprofesian yaitu pengukuran kebutuhan pengembangan profesi, pelatihan, dan evaluasi di dalam program yang dilaksanakan serta harus memperhatikan secara detail fungsi-fungsi manajemen, seperti planning, organizing, actuating, controlling dalam melaksanakan program untuk mencapai tujuan program tersebut diadakan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Management, Teacher Self-Development, Continuous Professional Improvement |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 01:17 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73477 |
Actions (login required)
View Item |