PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD NEGERI KOTA YOGYAKARTA

LESTARI, APRILLIANA (2022) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD NEGERI KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_aprilliana lestari_19703254009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis: (1) Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kompetensi profesional guru di SD Negeri Kota Yogyakarta. (2) Pengaruh budaya sekolah terhadap kompetensi profesional guru di SD Negeri Kota Yogyakarta. (3) Pengaruh antara kepemimpinan transformasional dan budaya sekolah terhadap kompetensi profesional guru di SD Negeri Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru SD Negeri di Kota Yogyakarta, yang terdiri atas 88 sekolah dasar. Masing- masing sekolah terdapat 6 guru kelas, sehingga jumlah guru sebesar 792 orang. Teknik sampling yang digunakan yaitu rumus Slovin taraf kesalahan 5%, didapatkan 266 guru. Instrumen kepemimpinan transformasional, budaya sekolah, dan kompetensi profesional guru menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google formulir. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresis berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap kompetensi profesional guru di SD Negeri Kota Yogyakarta, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) ada pengaruh yang signifikan antara budaya sekolah terhadap kompetensi profesional guru di SD Negeri Kota Yogyakarta, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (3) ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan transformasional dan budaya sekolah terhadap kompetensi profesional guru di SD Negeri Kota Yogyakarta, dengan nilai nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: transformational leadership, school culture, teacher professional competence
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:16
Last Modified: 18 Jul 2022 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73476

Actions (login required)

View Item View Item