MANAJEMEN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DI SD UNGGULAN AISYIYAH DAN SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA

ISTIQAMAH, ANWINANTI DYAN (2022) MANAJEMEN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DI SD UNGGULAN AISYIYAH DAN SD MUHAMMADIYAH BANTUL KOTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_anwinanti dyah istiqamah_16703254002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring pendidikan kecakapan hidup pada ranah General Life Skill (GLS) dan Specific Life Skill (SLS) di SD Unggulan Aisyiyah dan SD Muhammadiyah Bantul Kota. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif naratif dengan desain studi kasus. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai November 2018 di SD Unggulan Aisyiyah dan SD Muhammadiyah Bantul Kota. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari wakil kepala sekolah, guru, dan wali murid. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Tahapan analisis data yang dilakukan di antaranya data collection, data condensation, data display, dan conclusions drawing/verifying. Hasil penelitian yang diperoleh di antaranya: (1) Tahap perencanaan pendidikan kecakapan hidup meliputi pengkajian program, koordinasi program dengan dewan sekolah dan pengurus yayasan, sosialisasi program kepada guru, penyusunan program dalam bentuk kurikulum, serta finalisasi KTSP; (2) Tahap pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup dilakukan dengan mengintegrasikan aspek kecakapan personal, sosial, akademik, dan vokasional ke dalam kegiatan pembelajaran, budaya sekolah melalui pembiasaan, serta kegiatan ekstrakulikuler. Aspek kecakapan personal yang terintegrasi di antaranya penghayatan terhadap Tuhan YME, mensyukuri dan menyadari kekurangan diri, mengembangkan potensi diri, sikap mandiri dan percaya diri, menggali dan menemukan informasi, serta pemecahan masalah. Aspek kecakapan sosial yang terintegrasi di antaranya kecakapan bekerjasama dan berkomunikasi. Aspek kecakapan akademik terintegrasi ke dalam pembelajaran kurikulum 2013 yang terdiri dari tahap mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menganalisis, dan mengkomunikasikan. Aspek kecakapan vokasional yang diintegrasikan yaitu basic vokasional skill; (3) Tahap monitoring pendidikan kecakapan hidup di SD Unggulan Aisyiyah Bantul dilakukan oleh kepala sekolah setiap semester dua kali melalui supervisi dan pemantauan proses kegiatan pembelajaran di kelas. Monitoring program pendidikan kecakapan hidup di SD Muhammadiyah Bantul Kota dilakukan oleh kepala sekolah setiap satu bulan sekali melalui rapat sekolah dan ketika terdapat permasalahan yang mendesak. Guru juga melakukan monitoring pelaksanaan kecakapan hidup melalui buku penghubung dan menjalin kerjasama dengan wali murid.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: management, life skills education
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:13
Last Modified: 18 Jul 2022 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73475

Actions (login required)

View Item View Item