MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN

SYAKDIYAH, AMINATUL (2022) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH BERBASIS PESANTREN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_aminatul syakdiyah_18703254013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara mendalam mengenai (1) proses pelaksanaan kegiatan manajemen peserta didik di sekolah berbasis pesantren, (2) menemukan model yang diterapkan terkait manajemen peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus multiple sites. Lokasi penelitian adalah Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School yang selanjutnya disebut dengan PPM MBS di dua tempat berbeda yaitu PPM MBS Prambanan Sleman dan PPM MBS Pleret Bantul. Subjek penelitian terdiri dari dua Direktur, kepala sekolah, waka humas, waka kesiswaan, Kepala Tata Usaha, panitia penerimaan peserta didik baru (PSB), pembina asrama, dan penanggung jawab layanan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi yang dibuktikan dengan proses keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Saldana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses kegiatan manajemen peserta didik yang diterapkan di kedua lembaga mencakup kegiatan perencanaan, pembinaan, evaluasi dan mutasi peserta didik. (2) Proses pelaksanaan manajemen peserta didik di sekolah berbasis pesantren terangkum dalam model hipotetik penelitian yang dilatar belakangi oleh dua aspek penting yakni visi dan misi lembaga dan latar belakang calon peserta didik. Selanjutnya kedua aspek tersebut dituangkan ke dalam strategi-strategi inovatif berikut yang dimasukkan ke dalam setiap aspek proses manajemen peserta didik yaitu: (a) Berbasis nilai-nilai pesantren: seluruh kegiatan yang dilaksanakan harus berdasar nilai dasar pesantren yang telah tertuang dalam visi dan misi pesantren, (b) pemanfaatan teknologi informasi; upaya pemanfaatan teknologi dan informasi bertujuan untuk memudahkan pelaksanaan tahapan manajemen serta dapat berkontribusi aktif sesuai dengan kondisi zaman, (c) ball picking strategy, strategi ini khusus dilakukan dalam proses rekruitmen peserta didik untuk menjaring sasaran calon peserta didik sekaligus mengenalkan lembaga kepada masyarakat secara luas, (d) teaching creativity; proses kegiatan pendidikan dan pembelajaran di pesantren juga diupayakan semenarik mungkin namun tidak menghilangkan nilai-nilai dasar dari pendidikan di pesantren, (e) optimalisasi layanan; fasilitas dan layanan penunjang kegiatan peserta didik diharapkan mampu membantu menumbuhkan kemampuan, minat dan bakat peserta didik, dan (f) evaluasi terencana dan terstruktur; seluruh kegiatan hendaknya dapat dilihat efektifitasnya melalui proses evaluasi sehingga dapat mengetahui aspek yang harus ditingkatkan, diubah maupun dihilangkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: management, students, pesantren
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 23 Jun 2022 01:11
Last Modified: 18 Jul 2022 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73474

Actions (login required)

View Item View Item