Salam, Ahmad Abdun (2022) PENGARUH E-SUPERVISI DAN KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL TERHADAP KINERJA GURU SMA DI KABUPATEN PATI SAAT PANDEMI COVID-19: STUDI PENELITIAN MIXED METHOD SQUENTIAL EXPLANATORY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
fulltext_ahmad abdun salam_19703251028.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-supervisi dan kemampuan literasi digital terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Pati saat pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi dengan desain sequential explanatory yaitu metode kuantitatif pada tahap pertama, dan diikuti dengan metode kualitatif pada tahap kedua. Subjek penelitian adalah guru-guru SMA Negeri di Kabupaten Pati yang telah mendapatkan supervisi akademik berbasis daring selama pandemi. Sampel penelitian sebanyak 193 dari 373 guru yang diambil dengan menggunakan random sampling. Analisis data menggunakan regres linier dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil data kuantitatif akan diperkuat dan diperdalam dengan penelitian kualitatif. Subjek wawancara adalah kepala sekolah, asesor, serta guru. Keabsahan data kualitatif dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Analisis data kualitatif dilakukan dengan menggunakan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukan: 1) e-supervisi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai sig. (0.000<0.05), 2) kemampuan literasi digital berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai sig. (0.000<0.05), 3) e- supervisi dan kemampuan literasi digital secara setimulan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai sig. (0.000<0.05). Hasil penelitian kuantitatif diperkuat dan diperdalam dengan temuan penelitian kualitatif sebagai berikut: 1) supervisi dilaksanakan dengan memadukan supervisi daring dan tatap muka, 2) guru mendapatkan banyak masukan dari supervisi karena pembelajaran daring suatu hal yang baru bagi mereka, 3) kemampaun literasi digital menjadi dasar dalam pembelajaran daring sehingga guru minimal harus menguasai satu aplikasi pembelajaran yang digunakan, 4) variabel lain yang berpengaruh terhadap kinerja guru selain variabel yang diteliti seperti sarana prasarana, kebijakan sekolah, keaktifan peserta didik, dukungan orang tua, kemampuan mengajar, kreatifitas guru, kesadaran guru untuk terus mengajar, serta pelatihan untuk peningkatan kapasitas diri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Supervision, Digital Literacy, Teacher Performance, Mixed Method |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 22 Jun 2022 02:33 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 04:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73464 |
Actions (login required)
View Item |