PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE TERHADAP PERILAKU INOVATIF KERJA (STUDI PADA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN BANTUL)

Widiastuti, Widiastuti (2022) PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE TERHADAP PERILAKU INOVATIF KERJA (STUDI PADA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN BANTUL). S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_widiastuti_20731251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perilaku inovatif kerja diakui menjadi faktor keberhasilan para guru dalam mendidik siswa di saat pandemi, oleh karena itu penting untuk memahami anteseden terkait, salah satunya adalah leader member exchange. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh leader member exchange terhadap perilaku inovatif kerja pada guru sekolah menengah atas di Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam penelitian ex-post facto. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 259 guru sekolah menengah atas di Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi. Adapun instrumen yang digunakan adalah skala LMX yang berjumlah 27 item dan skala perilaku inovatif kerja yang berjumlah 17 item. Hasil uji reliabilitas LMX dimensi afeksi adalah sebesar 0,741, LMX dimensi loyalitas adalah sebesar 0,806, LMX dimensi kontribusi adalah sebesar 0,704, LMX dimensi penghormatan profesional adalah sebesar 0, 729, LMX secara keseluruhan adalah sebesar 0, 914, dan perilaku inovatif kerja adalah sebesar 0, 906. Pengujian hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi berganda. Hasil analisis secara keseluruhan, bahwa leader member exchange berpengaruh terhadap perilaku inovatif kerja. Hasil analisis data secara parsial ditemukan bahwa: (1) LMX dimensi afeksi berpengaruh terhadap perilaku inovatif dengan besaran pengaruhnya sebesar 25,7%. (2) LMX dimensi loyalitas tidak berpengaruh terhadap perilaku inovatif kerja. (3) LMX dimensi kontribusi berpengaruh terhadap perilaku inovatif kerja dengan besaran pengaruhnya sebesar 5,1%. (4) LMX dimensi penghormatan profesional tidak berpengaruh terhadap perilaku inovatif kerja. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa LMX dimensi afeksi dan kontribusi berpengaruh terhadap perilaku inovatif kerja pada guru sekolah menengah atas di Kabupaten Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: leader member exchange, innovative work behavior, teacher
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:25
Last Modified: 18 Jul 2022 05:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73462

Actions (login required)

View Item View Item