PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI TERHADAP KEBERAGAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHARED BOOK READING PADA ANAK USIA DINI

Choirina, Nur Vera (2021) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBENTUKAN SIKAP TOLERANSI TERHADAP KEBERAGAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SHARED BOOK READING PADA ANAK USIA DINI. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_vera nur choirina_19731251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) memperoleh informasi mengenai kebutuhan dalam mengembangkan buku cerita bergambar yang menunjang metode shared book reading dalam pembentukan Toleransi terhadap Keberagaman (2) menghasilkan buku cerita bergambar yang menunjang metode shared book reading yang layak menurut ahli materi dan media dalam pembentukan toleransi terhadap keberagaman (3) menguji efektivitas buku cerita bergambar yang menunjang metode shared book reading bagi guru dan orang tua dalam pembentukan toleransi dan keberagaman pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development yang mengadaptasi model pengembangan Borg and Gall dan menggunakan 7 dari 10 langkah utama penelitian pengembangan yang meliputi: (a) tahap penelitian dan pengumpulan informasi, (b) perencanaan, (c) pengembangan format produk awal, (d) uji coba awal (e) revisi uji coba awal (f) uji coba lapangan (g) melakukan revisi setelah uji coba lapangan. Uji kelayakan produk dilakukan oleh dua validator, yaitu validator materi dan validator media. Subyek uji coba awal dilakukan kepada 1 orang guru Taman Kanak-Kanak dan 7 orang anak di Taman Kanak-Kanak PGRI Progowati Mungkid. Uji coba lapangan menggunakan 14 orang anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Mendut dan TK PGRI Progowati. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon guru, panduan wawancara, catatan lapangan dan observasi. Uji efektivitas menggunakan metode eksperimen dengan Teknik analisis kuantitaif Man Whitney dan Wilcoxon Signed Rank dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam pembentukan kemampuan toleransi terhadap keberagaman pada anak usia dini membutuhkan media pembelajaran yang dapat menstimulasi kemampuan toleransi terhadap keberagaman, yaitu berupa media buku cerita bergambar dengan metode shared book reading (2) buku cerita bergambar yang dikembangkan ditinjau dari kelayakan materi dan media berada dalam kategori “sangat layak”; (3) media buku cerita bergambar yang menunjang metode shared book reading terbukti efektif secara signifikan dengan p < 0,05 untuk pembentukan sikap toleransi terhadap keberagaman pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Picture Story Book, Shared Book Reading, Tolerance to Diversity
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:47
Last Modified: 18 Jul 2022 05:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73428

Actions (login required)

View Item View Item