PERAN IKLIM KAMPUS (SCHOOL CLIMATE) DAN DUKUNGAN SOSIAL (SOCIAL SUPPORT) TERHADAP KETERLIBATAN MAHASISWA (STUDENT ENGAGEMENT) PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Sumanty, Renatity (2021) PERAN IKLIM KAMPUS (SCHOOL CLIMATE) DAN DUKUNGAN SOSIAL (SOCIAL SUPPORT) TERHADAP KETERLIBATAN MAHASISWA (STUDENT ENGAGEMENT) PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PALANGKA RAYA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_renatity sumanty_19731251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran school climate terhadap student engagement, peran social support terhadap student engagement, dan peran school climate dan social support secara bersama-sama terhadap student engagement pada mahasiswa Universitas Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Penelitian ini dilakukan di Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 mahasiswa dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Palangka Raya dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen non tes yaitu kuesioner dengan skala likert melalui google form secara online. Instrumen yang digunakan adalah Academic Engagement Scale (koefisien reliabilitas alpha cronbach 0,807), Community School Climate Self (koefisien reliabilitas alpha cronbach 0,904), dan Multidemensional Scale of Perceived Social Support (koefisien reliabilitas alpha cronbach 0,904), dengan pengujian hasil validitas menggunakan korelasi product moment pada ketiga instrumen memiliki nilai Pearson Correlation lebih besar dari 0,3 (rix>0,3). Data dianalisis dengan teknik regresi linear berganda dengan bantuan perangkat lunak komputer SPPS for Windows Versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) School climate dan social support secara bersama-sama berperan secara signifikan sebesar 18,3% terhadap student engagement; 2) school climate berperan secara signifikan sebesar 11,57% terhadap student engagement; 3) social support berperan secara signifikan sebesar 6,72% terhadap student engagement. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa school climate dan social support baik secara bersama-sama maupun terpisah mampu memprediksi student engagement pada mahasiswa Universitas Palangka Raya. Hasil penelitan ini dapat menjadi acuan bagi pihak yang bersangkutan untuk lebih memperhatikan school climate dan social support agar student engagement pada mahasiswa dapat ditingkatkan dengan memberikan penyuluhan-penyuluhan terkait.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Student Engagement, School Climate, Social Support
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 16 Jun 2022 00:57
Last Modified: 18 Jul 2022 05:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73422

Actions (login required)

View Item View Item