PENGARUH KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN ENGLISH PUBLIC SPEAKING MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI LAMPUNG

adiarti, widia amirah (2022) PENGARUH KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN ENGLISH PUBLIC SPEAKING MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI LAMPUNG. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_amirah widia adiarti_19731251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh kepribadian ekstrovert dan kepercayaan diri terhadap kemampuan english public speaking mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris diLampung; (2) pengaruh kepribadian ekstrovert terhadap kemampuan english public speaking mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris diLampung; (3) pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan english public speaking mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris di Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 50 mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris di tiga Perguruan Tinggi di Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data terdiri dari rubrik penilaian dan skala english public speaking, skala kepribadian ekstrovert dan skala kepercayaan diri. Uji validitas instrumen menggunakan formula Gregory dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepribadian ekstrovert terhadap kemampuan english public speaking sebesar 53,3% dengan rx1y = 0,730; r2x1y = 0,533; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap kemampuan english public speaking sebesar 32,5% dengan rx2y = 0,570; r2x2y 0,325; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepribadian ekstrovert dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap kemampuan english public speaking sebesar 57,20% dengan ry(x1x2) = 0,756; ry(x1x2) = 0,572. Dan sumbangan efektif sebesar 57,20%

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Extrovert Personality, Self-Confidence, English Public Speaking Skills, Students.
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2022 06:20
Last Modified: 18 Jul 2022 06:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73407

Actions (login required)

View Item View Item