Konstruk Kesejahteraan Siswa SMA di Yogyakarta Ditinjau dari PERMA Model

WIBOWO, YOGA SETYO (2022) Konstruk Kesejahteraan Siswa SMA di Yogyakarta Ditinjau dari PERMA Model. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_yoga setyo wibowo_18731251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengeksplorasi konsep kesejahteraan siswa di Indonesia. (2) Mengkonfirmasi apakah kesejahteraan siswa SMA sesuai dengan model “PERMA”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah exploratory. Sampel yang digunakan sebanyak 434 siswa SMA di Provinsi Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah multistage randome sampling. Instrument penelitian diadaptasi dari positive affect and negative affect scale-children (PANAS-C), The EPOCH (Engagement, Perseverance, Optimism, Connectedness, and Happiness) Measure of Adolecent well-being dan Meaning in Life Questionnaire (MLQ). Teknik analisis data menggunakan analisis faktor eksploratori dan konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesejahteraan siswa di Indonesia terstruktur dari delapan dimensi: kesenangan, dorongan, kegembiraan, keterlibatan, hubungan positif, memiliki tujuan, pencarian tujuan dan pencapaian. (2) Analisis faktor konfirmatori menunjukkan bahwa kedelapan dimensi menunjukkan model fit yang lebih baik dibandingkan model PERMA. Oleh sebab itu disimpulkan bahwa kesejahteraan siswa SMA tidak sesuai dengan model “PERMA”.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Exploratory Factor Analysis, Confirmatory Factor Analysis, Well-being
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2022 06:05
Last Modified: 18 Jul 2022 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73405

Actions (login required)

View Item View Item