PENGARUH QUALITY OF WORK LIFE TERHADAP WORK ENGAGEMENT PADA ASN DI DINAS KOPERASI, UKM, TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA YOGYAKARTA

Sari, Tika Antya (2022) PENGARUH QUALITY OF WORK LIFE TERHADAP WORK ENGAGEMENT PADA ASN DI DINAS KOPERASI, UKM, TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_tika antya sari_19731251021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Quality of work life yang kurang memadai akan berdampak pada work engagement karyawan yang kurang memadai pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh quality of work life terhadap work engagement pada ASN di Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif. Sampel yang digunakan sebanyak 37 ASN di Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan sample menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Instrument penelitian dengan mengadaptasi dari Europe working condition Scale dan Utrecht Work Engagement Scale. Teknik validasi instrumen menggunakan validitas isi (work engagment = 0,66667 dan quality of work life = 0,6669) dan reliabilitas (work engagment = 0,868 dan quality of work life = 0,910). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan taraf signifikan sebesar 0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan quality of work life terhadap work engagement dengan nilai F = 43,595 dan signifikan = 0,000 (p<0,05), artinya quality of work life mampu memprediksi work engagement pada ASN di Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan economic security terhadap work engagement dengan nilai t = 3.119 dengan signifikan 0,004 (p<0,05), artinya economic security mampu memprediksi work engagement pada ASN di Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan social relationship at work terhadap work engagement dengan dengan nilai t = 3.313 dengan signifikan 0,002 (p<0,05), artinya social relationship at work mampu memprediksi work engagement pada ASN di Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta. (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan meaningfulness at work terhadap work engagement dengan nilai t = 2.323 dengan signifikan 0,027 (p<0,05), artinya meaningfulness at work mampu memprediksi work engagement pada ASN di Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta. (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan Autonomy in work and participantion in decision making terhadap work engagement dengan nilai t = 2.826 dengan signifikan 0,008 (p<0,05), artinya Autonomy in work and participantion in decision making mampu memprediksi work engagement pada ASN di Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Quality of work life, Work engagement
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2022 05:36
Last Modified: 18 Jul 2022 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73404

Actions (login required)

View Item View Item