PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN EMPATI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA

Hartati, Theresia Sri (2022) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN EMPATI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA REMAJA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_theresia sri hartati_17731251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku prososial sangat penting dimiliki oleh remaja karena remaja mengalami masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa remaja yang dalam prosesnya mereka berhubungan dengan lingkungan sosial. Perilaku prososial membantu remaja dalam hubungan sosial yang dapat menimbulkan perasaan peduli pada remaja dan membentuk watak remaja. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan empati terhadap perilaku prososial remaja. Jenis penelitian adalah ex-post facto. Penelitian dilakukan di Kecamatan Danureja, Yogyakarta dengan sampel sebanyak 285 yang didapat dengan menggunakan multistage random sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan mengisi 3 skala penelitian yaitu skala dukungan sosial teman sebaya, skala empati dan skala perilaku prososial. Teknik analisis data menggunakan validitas isi dan reliabel dengan koefisien Alpha Cronbah serta data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan empati secara bersama-sama terhadap perilaku prososial (p=0,000). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan empati terhadap perilaku prososial pada remaja. Persamaan garis regresi yaitu Y = 54,180 + 0,360 X1 + 0,402 X2. Sumbangan efektif dukungan sosial teman sebaya dan empati terhadap perilaku prososial sebesar 49,8%, yang terdiri dari dukungan sosial teman sebaya sebesar 24% dan empati sebesar 25,8%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: prosocial behavior, peer social support, empathy, and adolescents
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:54
Last Modified: 18 Jul 2022 06:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73403

Actions (login required)

View Item View Item