MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP BOPKRI YOGYAKARTA

DUMANAUW, IVONE DAMAYANTI (2022) MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN ORANG TUA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP BOPKRI YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ivone damayanti dumanauw, s.pd._15731251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan motivasi berprestasi sebagai mediator hubungan antara penerimaan orang tua dan prestasi belajar pada siswa SMP di Kota Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 210 siswa SMP BOPKRI di Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling technique. Alat pengumpul data yang digunakan berupa kuesioner motivasi berprestasi dengan mengacu pada teori Motivasi Berprestasi yang dikemukakan oleh McClelland, dan Parental Acceptance Rejection Questionnaire sebagai skala penerimaan orang tua yang diadaptasi berdasarkan konsep penerimaan dan penolakan orang tua oleh Rohner (2014). Validasi instrumen dilakukan dengan teknik expert judgement dan uji empiris dengan menggunakan uji validitas product momment dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Skala prestasi belajar diukur menggunakan hasil nilai perolehan Ujian Tengah Semester I, 2019/2020. Teknik analisis data untuk mengetahui mediasi yang digunakan pada penelitian in adalah regresi jalur berganda. Hasil penelitian diolah dengan menggunakan program SPSS for windows versi 20. Berdasarkan hasil analisis regresi ganda diperoleh koefisien b adalah sebesar 0,784 (βb=0,992) dan nilai koefisien c’ adalah sebesar 0,015 (βc’= 0,112). Nilai tb= 7,598 dan signifikansi p<0,05, sedangkan nilai tc’=.205 dan signifikansi p>0,05 untuk Ayah. Sedangkan koefisien b adalah sebesar 1,216 (βb=0,988) dan nilai koefisien c’ adalah sebesar 0,010 (βc’= 0,012). Nilai tb= 9.061 dan signifikansi p<0,05, sedangkan nilai tc’=0.228 dan signifikansi p<0,05 untuk Ibu. Dengan demikian M secara signifikan mempengaruhi Y (atau a≠0) dan X tidak mempengaruhi Y (atau c’=0), maka dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi berprestasi secara signifikan memediasi hubungan antara penerimaan orang tua dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning achievement, need for achievement, parental acceptance
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:25
Last Modified: 18 Jul 2022 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73401

Actions (login required)

View Item View Item