PENGARUH PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITIES (PLC), SUPERVISI AKADEMIK, DAN SELF EFFICACY GURU TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMP DI KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO

Daroini, Hasanatut and Niron, Maria Dominika (2022) PENGARUH PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITIES (PLC), SUPERVISI AKADEMIK, DAN SELF EFFICACY GURU TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SMP DI KECAMATAN LECES KABUPATEN PROBOLINGGO. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_ike prastya utami_18703251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan gambaran professional learning community (PLC), supervisi akademik, self efficacy guru, dan kompetensi profesional guru SMP di Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, dan (2) mengetahui pengaruh professional learning community (PLC), supervisi akademik, dan self efficacy guru terhadap peningkatan kompetensi profesional guru SMP di Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 107 guru SMP di Kecamatan Leces. Penentuan sampel penelitian sejumlah 93 guru menggunakan teknik simple random sampling. Validasi instrumen menggunakan expert judgement dan uji empiris dengan korelasi Pearson Product Moment. Uji reabilitas instrumen dilakukan dengan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik dilakukan dengan pengujian normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Regresi linier sederhana dilakukan sebagai analisis data untuk menguji pengaruh masing-masing variabel independen (

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: professional learning community (PLC), academic supervision, teacher’ self efficacy, teacher professional competence improvement
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Jun 2022 01:17
Last Modified: 18 Jul 2022 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73387

Actions (login required)

View Item View Item