Konstruksi dan Analisis Psikometri serta Aplikasinya untuk Instrumen Sikap dan Minat Calon Guru Matematika.

Sainuddin, Syamsir and Subali, Bambang (2022) Konstruksi dan Analisis Psikometri serta Aplikasinya untuk Instrumen Sikap dan Minat Calon Guru Matematika. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-syamsir sainuddin-17701261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan konstruksi instrumen pengukuran sikap dan minat calon guru terkait profesi guru matematika, (2) Menganalisis karakteristik psikometri instrumen pengukuran sikap dan minat calon guru terkait profesi guru matematika, dan (3) Mendeskripsikan hasil pengukuran sikap dan minat calon guru terkait profesi guru matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument development dilanjutkan pengukuran minat dan sikap calon guru matematika. Penelitian ini melalui tiga tahap, yaitu tahap pengembangan instrumen, tahap uji coba, dan tahap aplikasi instrumen. Penelitian ini melibatkan calon guru yakni siswa kelas XII SMA/sederajat dan calon guru yakni mahasiswa program studi matematika. Teknik sampling yang digunakan adalah convenience yang merupakan sampel dari hypothetical population sebagai populasi yang ditetapkan dengan kriteria yang dimiliki oleh sampel yang ada. Validitas isi instrumen diperoleh melalui expert judgement dan validitas konstruk diperoleh melalui CFA. Karakteristik butir instrumen diperoleh menggunakan pendekatan Rasch Rating Scale Model (RSM), ambang batas (cut off score) menggunakan Receiver Operator Characteristic (ROC), dan menentukan kelulusan calon guru matematika menggunakan metode Confusion Matrices. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konstruksi instrumen sikap calon guru matematika terhadap profesi guru matematika yang dikembangkan berdasarkan kajian literatur terdiri dari tiga dimensi yakni dimensi internal, altruistis, dan eksternal. Sementara instrumen minat calon guru matematika terdiri dari dua dimensi yakni verbal dan non-verbal, (2) Instrumen sikap calon guru matematika yang dikembangkan memiliki validitas isi lebih dari 0,76 dan reliabilitas internal lebih dari 0,727; instrumen yang digunakan dalam pengukuran memiliki item memiliki nilai Infit dan Outfit MSQ antara 0,5 – 1,5 sehingga fit dengan model; dan informasi instrumen optimal pada interval kemampuan -4 sampai 5,5 skala logit. Instrumen minat calon guru matematika yang dikembangkan memiliki validitas isi lebih dari 0,76, validitas konstruk tercapai dengan standard loading factor di atas 0,5, validitas konvergen tercapai dengan AVE lebih dari 0,50, validitas diskriminan tercapai dengan akar kuadrat dari AVE setiap konstruk yang terbentuk lebih besar daripada interkorelasi dengan konstruk lainnya; reliabilitas komposit masing-masing faktor > 0.60, reliabilitas internal 0,94; instrumen yang digunakan dalam pengukuran memiliki item memiliki nilai Infit dan Outfit MSQ antara 0,5 – 1,5 sehingga fit dengan model; dan informasi instrumen optimal pada interval kemampuan -2 sampai 5,5 skala logit, dan (3) Hasil pengukuran sikap calon guru matematika menunjukkan kelompok siswa dan mahasiswa memandang profesi guru sebagai profesi yang biasa saja (kategor netral). Hasil pengukuran minat calon guru matematika menunjukkan minat siswa menjadi guru matematika tergolong rendah sedangkan mahasiswa memiliki minat yang tinggi menjadi guru matematika. Penggunaan instrumen sikap dan minat menghasilkan 24 (5,99%) dari 401 kandidat calon guru matematika yang memiliki peluang menjadi guru matematika.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: minat, sikap, calon guru matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:58
Last Modified: 13 Jun 2022 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73385

Actions (login required)

View Item View Item