Pengembangan Instrumen Evaluasi Kinerja Sekolah Menengah Kejuruan.

Kholis, Nur and Kartowagiran, Badrun (2022) Pengembangan Instrumen Evaluasi Kinerja Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi- nur kholis-15701261017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Peyiapan tenaga kerja yang berkualitas harus didukung oleh sebuah lembaga yang berkualitas pula, dalam tulisan ini lembaga yang dimaksud adalah sekolah menengah kejuruan (SMK). Hal inilah yang membuat Pendidikan Menengah Kejuruan menjadi perhatian oleh berbagai pihak, terutama pemerintah Indonesia yang sedang berupaya memberdayakan sektor pendidikan menengah kejuruan dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM). Agar dapat melihat sampai sejauh mana penyelenggara pendidikan atau sekolah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya maka perlu dilakukan evaluasi. Suatu kegiatan evaluasi dapat memberikan hasil yang baik, diperlukan suatu instrumen yang baik pula. Instrumen yang ada saat ini adalah instrumen akreditasi dan evaluasi diri sekolah dengan spesifikasi yang cukup kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alternatif instrumen evaluasi kinerja SMK yang sederhana, valid, dan reliabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (development research) berdasarkan teori van den Akker, et.al. (1999). Adapun model pengembangan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Model vdAGW1293 mengadopsi dua model pengembangan yang dirancang oleh van den Akker, et.al (2012). dan Gable & Wolf (1993). Subjek penelitian adalah SMK bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa di Propinsi DIY dengan sumber data adalah guru, tenaga kependidikan, dan siswa. Pemilihan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling (nonrandom sampling) sebagai bahan pertimbangannya adalah keterwakilan sekolah negeri dan swasta serta hasil akreditasi sekolah. Pengumpulan data menggunakan cara dokumentasi, wawancara, Delphi, dan angket. Analisis data menggunakan metode analisis statitik deskriptif, Aiken’s V, dan second order confirmatory factor analysis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah perangkat evaluasi kinerja SMK meliputi: (1) instrumen evaluasi kinerja SMK dengan responden guru, tenaga kependidikan, dan siswa, dan (2) pedoman penskoran evaluasi kinerja SMK. Instrumen yang telah disusun memiliki validitas dan reliabilitas yang baik dilihat dari content validity, convergent validity, discriminant validity, dan construct reliability. Profil kinerja sekolah berdasarkan hasil pengukuran menggunakan instrumen produk penelitian, diperoleh kinerja sekolah dengan kategori Amat Bagus (80 ≤ skor kinerja < 90) sebanyak 7 sekolah dan untuk kategori Bagus (70 ≤ skor kinerja < 80) sebanyak 5 sekolah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen, evaluasi, kinerja, SMK, model vdAGW1293
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:47
Last Modified: 13 Jun 2022 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73384

Actions (login required)

View Item View Item